Perdebatan klasik dan lazim terjadi di seputar surat al Fatihah adalah apakah “Basmalah” merupakan bagian dari al Qur’an atau tidak? Kenapa ini penting dibahas, karena tentu saja perdebatan ini akan memiliki dampak hukum terhadap ibadah,.

Para ulama sepakat, bahwa basmalah yang ada di surat al Naml (QS. al Naml: 30) termasuk bagian dari al Qur’an. Namun, ulama masih silang pendapat tentang basmalah apakah bagian ayat surat al Fatihah dan bagian dari surat lain yang dimulai dengan basmalah.

Madzhab Syafi’i

Menurut madhab imam Syafi’I, basmalah merupakan bagian dari surat al Fatihah dan bagian dari surat-surat al-Qur’an lain yang dimulai dengan basmalah. Kedua, madhab imam Malik berpendapat bahwa basmalah bukan bagian dari surat al Fatihah dan juga bukan bagian dari surat-surat al Qur’an yang lain.

Dan, ketiga pendapat madhab Abu Hanifah yang menyatakan bahwa basmalah merupakan ayat al Qur’an secara sempurna, namun bukan bagian dari surat-surat yang lain dan diturunkan untuk memisah antar surat dalam kitab suci umat Islam ini.

Sebagai argumentasi untuk menguatkan pendapatnya, Imam Syafi’I mengajukan beberapa beberapa hadis Nabi sebagai dalil. Salah satunya adalah hadis berikut,

عن ابي هريرة عن النبي صلي الله عليه وسلم انه قال: اذا قرأتم الحمد لله رب العالمين فاقرؤوا بسم الله الرحمن الرحيم انها ام القران و أم الكتاب والسبع المثاني وبسم الله الرحمن الرحيم احد آياتها (رواه الدارقطني)

Dari Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad, beliau bersabda, “Jika kalian membaca Alhamdulillahi Rabbi al ‘Alamina, hendaklah kalian membaca Bismillahi al Rahmani al Rahim (Basmalah), karena ia adalah ummul Qur’an, ummul kitab dan al Sab’u al Matsani, dan Bismillahi al Rahmani al Rahim merupakan salah satu ayat darinya (surat al Fatihah). (HR. Daru al Quthni).

Di bawah ini adalah hadis yang juga dijadikan hujjah oleh Imam Syafi’I:

عن ابن عباس رضي الله عنهما أن رسول الله صلي الله عليه وسلم كان يفتتح الصلاه ببسم الله الرحمن الرحيم (رواه الترمذي)

Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya Rasulullah selalu memulai shalat dengan membaca Bismillahi al Rahman al Rahim. (HR. Imam Turmudzi).

Dengan berdasar dua hadis di atas dan hadis-hadis yang lain, golongan madzhab imam Syafi’I berpendapat bahwa basmalah bagian surat al Fatihah. Sebagai penguat, Rasulullah membaca basmalah ketika membaca surat al Kautsar.

Secara logika, menurut madhab Syafi’I, kalau basmalah bukan bagian dari surat al Fatihah dan surat-surat al-Qur’an yang lain (selain surat al Bara’ah), tentu tidak akan ditulis di dalam mushaf. Sebagaimana maklum, mushaf yang ada sampai sekarang dijamin keasliannya (mutawatir). Sehingga tidak mungkin penulis mushaf masa sahabat menulis selain al Qur’an pada mushaf.

Madzhab Maliki

Sementara Imam Malik juga mengajukan hadis-hadis Nabi sebagai penguat pendapatnya. Di antaranya adalah hadis berikut ini:

عن عائشة رضي الله عنها قالت كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يفتتح الصلاة بالتكبير والقراءة بالحمد لله رب العالمين (رواه مسلم)

Dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah memulai shalat dengan takbir dan membaca al Hamdu lillahi Rabbi al ‘Alamina” (HR. Muslim).

Imam Malik juga membuktikan bahwa basmalah bukan bagia dari surat al Fatihah dengan berdasar apada hadis Qudsi riwayat imam Muslim dari Abu Hurairah. Pada hadis tersebut Nabi tidak menceritakan basmalah di awal. Namun langsung dengan kalimat, “Jika seorang hamba membaca alhamdu lillahi Rabbi al ‘Alamin, dan seterusnya hingga penghujung surat al Fatihah”.

Menurut al Qurthubi, dari sekian pendapat yang ada pendapat imam Malik ini yang benar, karena al Qur’an tidak bisa ditetapkan dengan dalil hadis ahad, melainkan dengan dalil yang qath’I yang keabsahannya tidak diperselisihkan. Pendapat ini juga didukung oleh Ibn al Arabi. Menurutnya, semua hadis shahih menerangkan bahwa basmalah bukan bagian dari surat-surat al Qur’an, kecuali hanya yang ada dalam surat al Bara’ah. Lebih lanjut Ibnu Arabi berkata bahwa di Masjid Nabawi, sejak masa Rasulullah hingga Imam Malik, ketika membaca surat al Fatihah tidak pernah dimulai dengan basmalah.

Madzhab Hanafi

Sementara madhab Hanafi mengklaim bahwa termaktubnya basmalah di mushaf menunjukkan bahwa ia merupakan ayat al Qur’an, namun bukan bagian dari surat-surat dalam al Qur’an. Hal ini dibuktikan oleh beberapa hadis yang menunjukkan, basmalah tidak dibaca nyaring dalam shalat bersama surat al Fatihah. Dengan demikian ia bukan bagian dari surat al Fatihah.

Maka menurut imam Hanafi, basmalah, selain yang tertera di surat al Naml, adalah ayat al Qur’an namun bukan bagian dari surat yang lain, diturunkan sebagai pemisah satu surat dengan surat yang lain.

Madhab Hanafi menguatkan argument mereka dengan hadis di bawah ini.

عن ابن عباس رضي الله عنهما ان رسول الله صلي الله عليه وسلم كان لا يعرف فصل السورة حتي ينزل عليه بسم الله الرحمن الرحيم (اخرجه الحاكم وابو داود)

Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya Rasulullah tidak mengetahui pemisah antar surat sampai turun ayat bismillahi al Rahman al Rahim. (HR. Abu Daud dan Hakim).

Imam Abu Bakar al Razi, seorang imam yang berjuluk al Jasshash, penulis kitab tafsir Ayatu al Ahkam mengatakan, ulama berbeda pendapat tentang apakah basmalah termasuk salah satu surat al Fatihah atau bukan. Para ulama ahli qira’ah Kuffah mengatakan basmalah bagian dari surat al Fatihah. Sementara ulama qira’ah Bashrah mengatakan sebaliknya.

Simpul yang Berbeda

Kesimpulannya, ada tiga pendapat mengenai perdebatan apakah basmalah merupakan bagian dari surat al Fatihah dan surat-surat al Qur’an atau tidak?. Menurut madhab Sayfi’I, basmalah termasuk bagian surat al Fatihah dan surat yang lain, selain surat al Bara’ah.

Sedangkan menurut madhab Imam Malik bukan bagian dari surat-surat la Qur’an selain surat al Naml. Dan madhab Imam Hanafi berpendapat bahwa basmalah adalah ayat al Qur’an secara mandiri dan bukan bagian dari surat-surat al Qur’an, kecuali basmalah yang ada dalam surat al Naml.

Tiga pendapat ini nantinya akan membawa pada konsekuensi hukum yang berbeda ketika membahas hukum membaca basmalah di dalam shalat. Terpenting umat bisa memilih pendapat dengan menyandarkan pada ulama yang telah menderma baktikan ijtihadnya untuk kemajuan Islam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.