Doa Menghilangkan Rasa Panik dan Sugesti Negatif di Tengah Wabah Covid-19

0
1491
rasa panik

Kemunculan virus corona atau covid-19 telah menimbulkan rasa panik masyarakat yang berlebihan. Wabah yang mudah menular ini justru menghadirkan ketakutan tersendiri. Mudah panik dan memunculkan sugesti negatif.

Munculnya rasa panik dan sugesti negatif karena peristiwa dari luar yang mempengaruhi pikiran seseorang seperti virus corona ini. Waspada memang sangat dianjurkan, tetapi rasa panik bukan jalan keluar terbaik, justru memperburuk.

Sebenarnya tenang dan panik sangat berpengaruh terhadap cara pandang dan sikap dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. Rasa panik karena didorong oleh munculnya sugesti negatif dalam diri seseorang.

Tidak hanya secara psikologis, sugesti juga sangat berpengaruh terhadap fisik seperti kesehatan. Orang yang mudah panik dan memiliki sugesti negatif justru menjadi rentan penyakit. Kenapa?

Sugesti negatif akan memunculkan hal-hal negatif semisal pra sangka buruk, mudah marah, emosi meledak-ledak, stress, depresi, stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan kejiwaan. Karena itulah, sangat penting untuk selalu menanamkan ketenangan dan sugesti positif dengan cara menghilangkan rasa panik dan sugesti negatif dalam diri.

Karena terkait cara pandang, Islam mengajarkan umatnya untuk selalu bersikap tenang, tidak panik dan selalu berprasangka positif terhadap semua peristiwa. Tenang dan tidak panik serta sugesti positif merupakan obat psikologis yang paling ampuh baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Sugesti positif akan mudah ditemukan ketika umat Islam selalu meyakini bahwa Tuhan selalu ada untuk menjawab segala doa dan keinginan umatnya. Sebaliknya memiliki sugesti negatif merupakan bentuk syirik kecil karena merasa tidak adanya Tuhan yang selalu menjawab semua persoalan kehidupan.

Ketika menghadapi masalah seperti penyebaran wabah covid-19 ini Rasulullah menganjurkan doa tertentu. Dalam sebuah riwayat dari Imam Ahmad dan Tabrani diceritakan ketika seseorang berada dalam satu masalah lalu ia mendengar sesuatu yang tidak disukai, maka janganlah ia meramalkan akan adanya hal-hal buruk hingga menghalanginya untuk beramal.

Nabi bersabda: Barangsiapa disurutkan oleh sugesti negatif (ramalan akan adanya hal-hal buruk) pada sesuatu, maka ia telah berbuat syirik. Kaffarahnya adalah membaca:

اَللَّهُمَّ لاَ خَيْرَ اِلاَّ خَيْرُكَ وَلاَ طَيْرَ اِلاَّ طَيْرُكَ وَلاَ اِلَهَ غَيْرُكَ

Artinya : Ya Allah, tidak ada kebaikan kecuali kebaikan-Mu, tidak ada ramalan buruk kecuali ramalan buruk-MU dan tidak ada Tuhan selain-Mu.

Semoga dengan baca doa ini kita diberikan ketenangan diri, tidak mudah panik dan memiliki keteguhan hati dan pikiran melalui pandangan yang positif terhadap segala sesuatu. Ketika panik itu muncul segeralah membaca dan membiasakan doa tersebut.

Ingat pikiran positif adalah obat awal untuk kesehatan badan, jiwa dan batin kita.