Doa Menyembuhkan Insomnia
Doa Menyembuhkan Insomnia

Doa Menyembuhkan Ragam Insomnia ala Rasulullah

Merasakan tidur malam dengan nyenyak dan tepat waktu merupakan dambaan semua orang. Banyaknya aktivitas terkadang malah membuat kita tidak merasakan tidur yang cukup dan nyenyak. Tekanan dan stress mampu membuat tubuh dan fikiran kita menjadi terganggu dan mengakibatkan sulitnya tidur. Itulah insomnia.

Perlu kita ketahui, bahwasanya tidur merupakan tanda dari kekuasaan Allah. Allah berfirman, “Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu diwaktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan. (QS. Ar-Ruum: 23).

Termasuk tanda-tanda kekuasaan-Nya Allah dengan menjadikan tidur bagi manusia di waktu malam dan siang. Dengan tidur, ketenangan dan rasa lapang dapat tercapai dan rasa lelah serta kepenatan dapat hilang seketika dengan tidur. Dengan tidur yang cukup mampu mendorong tubuh sehat agar bisa beraktifitas mencari nafkah di siang hari.

Dalam Islam gejala insomnia itu sangat beragam. Bukan hanya karena faktor kelelahan fisik dan banyak pikiran serta stres tetapi juga karena gangguan makhluk ghaib. Karena itulah, Rasulullah mempunyai doa yang berbeda terhadap gangguan insomnia tersebut.

Setidaknya ada 3 doa yang bisa Anda lafalkan menjelang tidur di malam hari. Doa-doa ini bisa dibaca atau dihafalkan, agar saat kita susah tidur bisa membacanya dengan cepat.

Pertama. Doa susah tidur karena suatu alasan. Suatu saat sahabat Nabi Zaid bin Tsabit mengalami susah tidur, karena alasan tertentu. Zaid bin Tsabit mengeluhkan tentang insomnia yang dialaminya setiap malam kepada Rasulullah. Lalu setelah itu Rasulullah mengajari Zaid bin Tsabit sebuah doa agar terlepas dari gangguan sulit tidur.

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ ، وهَدَأَتِ الْعُيُونُ ، وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ ، يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَنِمْ عَيْنِي وأهْدِئْ لِيَلِي

Baca Juga:  Inilah Do’a Bila Terjadi Musibah

Artinya: “Wahai Tuhan yang mengorbitkan bintang-bintang, Yang membuat mata terpejam, Engkau adalah Yang Hidup dan Terjaga, wahai yang Hidup dan Terjaga lelapkanlah mataku dan redupkanlah malam.”

Doa di atas merupakan doa yang diajarkan Rasulullah kepada Zaid bin Tsabit dalam petikan keterangan hadits riwayat Ibnus Sunni yang ditulis dalam kitab Ibnus Sunni.

Kedua, Menghindari godaan iblis dan setan

Janji iblis adalah akan selalu menggoda manusia dengan bisikan-bisikannya yang mampu menyesatkan. Salah satu cara paling efektif adalah godaan di malam hari di kala hendak akan tertidur. Pikiran-pikiran semakin menumpuk dan semakin rumit di malam hari, maka kemungkinan godaan dari setan ataupun iblis untuk menyesatkan manusia. Maka Rasulullah menyarankan untuk membaca doa :

فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَعَوَّذَ عِنْدَ مَنَامِهِ بِكَلِمَات اللهِ التَّامَاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Lalu bertaawwudz (berdoa minta perlindungan kepada Allah) ketika hendak tidur dengan membaca: “Aku berlindung kepada Allah dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kejahatan hamba-Nya dan dari godaan setan yang menghampiri.”

Ketiga dari godaan jin

Tak beda dengan setan dan iblis, jinpun juga mampu untuk menggoda manusia. Untuk itu, yang kita harus lakukan adalah meminta perlindungan dari Allah agar saat malam dibebaskan dari gangguan jin nakal. Seperti halnya yang dialami oleh Khalid bin Walid.

Namun kali ini doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad sedikit berbeda. Berikut bacaan doanya:

 

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَمَا أَظَلَّتْ وَرَبَّ الأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِّ جَمِيعِ الْجِنِّ وَالإِنْسِ ، وأَنْ يُفْرَطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ أَوْ أَنْ يُؤْذِيَنِي عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلا إِلَهَ غَيْرُكَ

Baca Juga:  Berguru Kepada Ulama Atau Mbah Google?

Artinya: “Ya Allah Tuhan langit dan apa yang dinaungi, Tuhan Bumi dan apa yang diangkat, Tuhannya para setan dan apapun yang disesatkan, Jadilah Engkau (wahai Tuhanku) yang berada di sisiku (melindungiku) dari seluruh kejahatan jin dan manusia, dari tindakan berlebih-lebihan mereka atau dari gangguan salah satu dari mereka. perlindungan-Mu sangatlah agung demikian pula juga pujian kepada-Mu, dan tiada Tuhan selain-Mu.”

Riwayat dari sahabat Khalid dapat ditemukan di dalam kitab-kitab hadist  seperti, Musnad al-Bazzar karya Abu Bakar al-Bazzardan dalam Mushannaf Ibn Abi Syaibah karya Abu Bakar Ibn Abi Syaibah.

Oleh karena itu , jika seorang muslim mengalami Insomnia hendaknya mereka tidak hanya mengandalkan obat-obatan semata, namun juga musti diberengi dengan doa serta terapi agar manusia bisa terjaga dimalam hari.

 

Bagikan Artikel

About Imam Santoso

Avatar