Gangguan susah tidur mungkin telah menjadi pengalaman bagi setiap orang. Tidak nyaman tidur, sering terbangun pada malam hari, atau susah melanjutkan tidur ketika sudah terbangun. Dampak yang akan timbul ketika susah tidur di malam hari semisal kelelahan, merasa lemas, mudah marah dan sulit berkontrasi pada siang hari.

Banyak penyebab orang susah tidur semisal gangguan aliran udara hidung dan mulut terganggu, pernafasan terganggu, kelainan saraf dan yang paling sering mengidap insomania. Gejala insomnia merupakan kesulitan tidur atau sering terbangun pada malam hari karena suasana hati yang mudah berubah, stress, sulit berkonsentrasi, banyak pikiran dan kerap selalu merasa lelah.

Banyak cara untuk menghindari dan mengobati insomania semisal hindari makanan berat, kurangi asupan kafein, setting kenyamanan kamar tidur, kurangi penggunaan gadget sebelum tidur, dan atur pola tidur yang teratur.

Dalam Islam ada cara yang dianjurkan oleh Rasullullah ketika kita mengalami kesulitan dalam tidur. Diriwayatkan dari Zaid bin Tsabit r.a. berkata: Saya datang mengadu kepada Rasulullah saw karena tidak dapat tidur. Nabi bersabda: bacalah :

اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنُوْمٌ، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

Artinya : Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku

Setelah kubaca zikir ini, Allah swt pung menghilangkan sesuatu yang menimpa diri saya. (HR. Ibnu Sunni). (Sumber Kitab al Adzkar, Imam Nawawi).

Selain persoalan fisik, susah tidur karena faktor psikologis yang menuntut ketenangan mental, jiwa dan spiritual. Semoga dengan membaca doa di atas anda dapat diberikan kesembuhan. Amin .