Doa Dalam Shalat
Doa Dalam Shalat

Doa yang Diajarkan Nabi Kepada Abu Bakar Khusus Dibaca Saat Shalat

Umumnya doa dibaca ketika selesai shalat, atau di waktu-waktu tertentu di luar shalat. Banyak di antara umat Islam yang tidak mengetahui bahwa berdoa saat menunaikan shalat juga dianjurkan. Seperti doa yang diajarkan Nabi kepada Abu Bakar.

Dari Abu Bakar, ia berkata kepada Rasulullah, “Ajarkanlah padaku doa yang bisa aku baca di dalam shalatku”. Rasulullah bersabda, “Ucapkanlah, Ya Allah sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau, maka ampunilah aku dengan ampunan-Mu dan kasihanilah diriku. Sesungguhnya hanya Engkau yang maha pengampun lagi maha penyayang”. (Muttafaq ‘Alaih)

Nabi sebagai manusia pilihan Allah diberi keistimewaan berupa jawami’ al Kalim dan ilmu tentang hal-hal yang belum diketahui. Artinya, beliau mampu mengetahui sesuatu yang orang lain tidak mengetahui. Oleh karena itu, beliau memiliki kemampuan untuk menunjukkan kebaikan dan keburukan, baik di dunia dan akhirat supaya umat Islam menyadarinya.

Untuk hal inilah kemudian Abu Bakar meminta kepada beliau supaya mengajarkan doa yang dibaca ketika shalat yang berisi permohonan ampun. Sebab kebahagiaan di dunia dan akhirat hanya bisa diperoleh sebab ampunan dari Allah. Selain itu, doa meminta ampunan kepada Allah menjadi penyebab turunnya hidayah sehingga mampu membedakan kebaikan dan keburukan.

Doa yang diajarkan oleh Nabi kepada Abu Bakar dalam hadis di atas kemudian menjadi syariat yang dianjurkan kepada umat Islam supaya membacanya pula ketika shalat.

Sayyid Alawi bin Abbas al Maliki dalam karyanya Ibantu al Ahkam menjelaskan, doa yang dibaca ketika shalat ini bisa dibaca kapan saja yang penting masih dalam keadaan shalat. Namun dalam hadis yang lain dijelaskan, doa ini dibaca setelah tasyahhud selesai membaca shalawat kepada Nabi.

Baca Juga:  Dua Konsep Dakwah Walisongo dalam Menyebarkan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin di Nusantara

Doa yang dimaksud adalah:

اللهم إني ظلمت نفسي ظلما كثيرا ولا يغفر الذنوب الا انت فاغفرلي مغفرة  من عندك وارحمني انك انت الغفور الرحيم

Allahumma innii dzalamtu nafsii dzulman katsira wa la yaghfirud dunuba Illa anta faghfirli maghfiratan min ‘indika warhamni innaka antal ghafurur rahim.

Ya Allah,  sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau, maka ampunilah aku dengan ampunan-Mu dan kasihanilah diriku, sesungguhnya Engkaulah yang maha pengampun lagi maha penyayang.

 

 

 

Bagikan Artikel

About Faizatul Ummah

Faizatul Ummah
Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo