Geraja McDougall yang juga menjadi tempat salat Tarawih umat Muslim di Edmonton
Geraja McDougall yang juga menjadi tempat salat Tarawih umat Muslim di Edmonton

Gereja Tertua di Edmonton Jamu Muslim untuk Shalat Tarawih

Edmonton – Muslim di pusat kota Edmonton berkumpul di salah satu gereja tertua, McDougall di Edmonton untuk salat Tarawih malam sejak awal bulan suci Ramadan.

“Ini sangat menarik karena Ramadan tahun ini telah menjadi kesempatan bagi kami untuk semacam eksperimen, mencari tahu kekusutan, melihat ruang apa yang bekerja, ruang apa yang tidak berfungsi dan kami sedang dalam pembicaraan dengan McDougall sekarang tentang seperti apa kemitraan jangka panjang,” kata penasihat penjangkauan dan keterlibatan dengan Asosiasi Muslim Kanada (MAC) Edmonton Chapter Yasin Cetin kepada Edmonton Journal.

Cetinmengatakan bahwa Gereja McDougall United mendekati mereka pada bulan Februari tentang merevisi ruang komunitas mereka sebagai pusat komunitas multi-agama. Komunitas Muslim menyambut baik saran tersebut, melihatnya sebagai kesempatan untuk merayakan pluralisme masyarakat.

“Saya pikir ini sangat istimewa bagi kami di komunitas Muslim yang mengakui bahwa kami telah berada di Prairies on Treaty Six selama lebih dari 150 tahun untuk berbagi ruang dengan sebuah gereja yang dibangun pada tahun 1911 yang telah ada di sini untuk waktu yang lama. Ini menunjukkan persahabatan, pluralisme, kemampuan untuk terhubung melalui iman dan menumbuhkan rasa komunitas di ruang yang telah menjadi rumah bagi banyak agama untuk waktu yang lama, ” kata Cetin.

Pada peringatan Jumat Agung lalu, kedua komunitas berkumpul ke gereja untuk berdoa bersama. Umat Kristen mengikuti layanan Jumat Agung dan umat Muslim melaksanakan salat Jumat, di ruangan gereja yang berbeda.

“Ini sangat indah,” kata Cetin kepada Edmonton AM CBC, Rabu (20/4/2022).

“Berada di ruang seperti McDougall bahkan lebih bermanfaat, hanya karena kami berbagi ruang dengan komunitas yang indah  dan dapat terhubung pada hari-hari seperti Jumat Agung, saya pikir, sangat istimewa.”

Baca Juga:  Jadi Sorotan Media Asing, Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad Beri Saran soal Volume Azan

Sementara itu di Ontario, kelompok Muslim lainnya, Waterdown Muslim Community Centre (WMCC), telah menyewa fasilitas gimnasium di Gereja St. James United di Waterdown untuk mengadakan salat berjamaah.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

muslim houston amerika serikat rayakan idul fitri dengan menggelar festival

Komunitas Muslim Houston bagikan Makan Gratis Tunawisma

JAKARTA – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat yang bukan saja untuk umat Islam namun …

ilustrasi logo nahdlatul ulama

Konbes NU 2022 Lahirkan 19 Peraturan untuk Perkuat Landasan Jam’iyah Optimalisasi Khidmah

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022 …