doa 10 hari terakhir ramadan
ramadan

10 Hari Kedua Bulan Ramadan; Jangan Lupa Istighfar untuk Keluarga yang telah Meninggal

Separuh bulan suci Ramadan telah kita lewati. Keistimewaan 10 hari kedua bulan Ramadan adalah maghfirah atau ampunan dari Allah. Kesempatan ini sejatinya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh umat Islam untuk meminta ampun dengan memperbanyak istighfar kepada Allah. Memohon diampuni segala dosa.

Beristighfar sebanyak mungkin. Merenungkan segala dosa yang diperbuat oleh mata, telinga, mulut dan seluruh anggota badan. Beristighfar dengan menyadari kehinaan diri sebagai hamba yang banyak lalainya dari pada ketaatannya.

Disamping itu, kita juga harus berbagi berkah Ramadan ini dengan keluarga yang telah meninggal. Memintakan ampun kepada Allah supaya dosa-dosa mereka diampuni. Beristighfar untuk mereka merupakan hadiah terbaik di bulan suci ini.

Syaikh Nawawi al Bantani dalam kitabnya Nihayatuz Zain menulis, hadiah terbaik orang yang masih hidup kepada orang yang telah meninggal adalah doa dan memintakan ampunan kepada Allah untuk mereka.

Hal ini berdasarkan hadits Nabi, “Mereka yang ada di dalam kubur seperti orang tenggelam yang meminta pertolongan. Mereka menantikan sepatah doa yang dikirimkan oleh anaknya, saudara atau temannya. Doa yang dikirim mereka kepadanya lebih baik dan lebih berharga dibanding dunia dan isinya”.

Syaikh Muhyiddin Syarf al Nawawi dalam kitabnya al Adzkar al Nawawiyah menjelaskan, ulama sepakat bahwa doa yang dimunajatkan untuk orang yang telah meninggal memberi manfaat dan pahalanya sampai kepada mereka. Pendapat ini sesuai dengan petunjuk al Qur’an.

“Orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa: “Wahai Rabb kami berilah kami ampun kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman terlebih dulu dari kami”. (Al Hasut: 10)

Oleh karena itu, disamping berdoa untuk diri sendiri, di bulan ampunan ini sebaiknya juga berdoa dan memintakan ampun untuk kerabat yang telah meninggal. Betapa bahagia mereka apabila ada anak atau kerabat yang mendoakannya dan memintakan ampun kepada Allah.

Baca Juga:  Hikmah Kemerdekaan : Jangan Mau Diadu Domba

Doa-doa tersebut merupakan hadiah paling berharga untuk mereka yang telah meninggal. Apalagi di fase kedua bulan Ramadan ini dimana Allah membuka pintu ampunan seluas-luasnya.

Bagikan Artikel ini:

About Nurfati Maulida

Avatar of Nurfati Maulida

Check Also

qorun

Kisah Qarun: Simbol Oligarki Finansial dalam Al Qur’an

Terlalu sederhana, hanya menceritakan Qarun sebagai pengusaha tamak sampai lupa perintah zakat. Hampir tidak ada …

haman

Haman: Kisah Politikus Rakus pada Zaman Fir’aun yang Diceritakan Al-Quran

Sebuah bangsa dibangun dengan hati penyair, namun hancur di tangan politikus Dr. Muhammad Iqbal Haman …