pola makan
adab makan

Hidup Sehat ala Rasulullah : Pentingnya Menjaga Pola Makan

“Makan sebelum lapar, berhenti makan sebelum kenyang.” Inilah salah satu hadist yang sangat populer yang bagi sebagian ulama dianggap sanadnya dhaif. Meski sanadnya dhaif, hadist tersebut masih bisa diamalkan karena dinisbahkan kepada Rasulullah dan tidak berkaitan dengan hukum. Dalam hadist itu ada makna yang terkandung di dalamnya yang layak dipelajari.

Hadist ini menganjurkan seseorang sebaiknya mulai untuk makan di waktu jam makannya atau sebelum perut terasa lapar, dan ketika makan, tidak boleh berlebihan sampai kekenyangan. Apa maknanya?

Hal yang dilakukan secara berlebihan merupakan hal yang tidak baik, seperti halnya makan dengan berlebihan yang akan berdampak buruk bagi kondisi tubuh kita. Makanan yang kita makan tentunya akan keluar dari tubuh dan menjadi fases. Dan apabila kita makan berlebihan, maka tubuh akan mengalami pembuangan yang berlebihan, sehingga pencernaan akan terganggu dan dapat menyebabkan buang air besar terlalu sering atau bahkan diare.

Rasa lapar pada dasarnya menjadi sinyal dari mekanisme tubuh kita bahwa energi yang ada dalam tubuh sudah mulai berkurang, sehingga pentingnya kita untuk mengisi kembali energi kita dengan mengonsumsi makanan. Namun, sama seperti halnya elektronik, pengisian daya tidak menunggu barang elektrinik kita benar-benar mati baru diisi dengan daya. Namun, sebelum lowbat, pengisian daya perlu dilakukan supaya sistem pengisian tidak mengalami gangguan.

Itulah fungsi sebenarnya kenapa manusia membutuhkan waktu makan yang tepat. Supaya sistem dalam tubuh kita tidak mengalami gangguan. Seringkali kita melewatkan waktu makan dengan berbagai alasan, padahal sikap seperti itu akan berimbas kepada pola makan yang tidak teratur. Pola makan yang seperti inilah yang tidak kita sadari mampu merusak tubuh kita. Tubuh yang terlalu lama tidak di berikan makanan ternyata bisa membuat kadar gula darah menurun.

Baca Juga:  Keutamaan dan Niat Puasa Tanggal 9 dan 10 Bulan Muharram

Rasulullah menjelaskan pada kita bahwa, perut sebaiknya terdiri tiga bagian yakni sepertiga bagian makanan, sepertiga air dan yang penting juga sepertiga udara. Jika jumlah makanan dalam lambung melebihi kapasitas enzim pencernaan yang diproduksi, maka makanan tidak akan mampu tercerna dengan sempurna. Makanan yang tidak tercerna sempurna ini kemudian masuk ke usus dan menyebabkan fermentasi, salah cerna, dan menimbulkan gas.

Gas yang terbentuk akan menimbulkan sendawa atau jika perut terasa kembung kita akan mengeluarkan kentut yang tak berbau. kebanyakan gas dalam tubuh juga akan mampu membuat makanan yang kita makan keluar dari mulut (muntah) atau bahkan diare. Jika sudah seperti ini, tubuh akan banyak menghasilkan radikal bebas yang mampu menyebabkan terjadinya stress oksidatif yang dapat membawa kerusakan mulai tingkat sel.

Banyak dampak radikal bebas yang menyerang dan menyebabkan kerusakan pada berbagai sel tubuh kita seperti, Sindrom gangguan pernapasan pada orang dewasa, stroke dan sakit jantung, tekanan darah tinggi, alzheimer, kanker, mata katarak, menurunnya fungsi ginjal,  penyempitan pembuluh darah, dan radikal bebas juga dapat menyebabkan kerusakan sel yang membuat seseorang mengalami penuaan lebih cepat. Karena inilah Rasulullah jelas melarang umatnya makan secara berlebihan.

Jika ditinjau lebih dalam, saat tubuh merasa terlalu lapar, tubuh akan merasa membutuhkan energi yang lebih banyak. Karena alasan inilah, orang cenderung makan lebih banyak saat lapar. selain itu hadist diatas juga mengajarkan kita untuk hidup lebih sederhana dan teratur.

Kembali pada hadist di atas, sejatinya pesan itu adalah menunjukkan cara pola hidup yang sehat. Kesehatan sangat penting dalam Islam dalam rangka menunjang ibadah. Islam meletakkan kesehatan sebagai kewajiban karena untuk memenuhi kewajiban ibadah. Muslim harus sehat.

Bagikan Artikel ini:

About Imam Santoso

Avatar of Imam Santoso

Check Also

diplomasi rasulullah

Diplomasi Rasulullah : Masuknya Islam di Persia

Abu Hudzafah as-Sahmi merupakan salah satu sahabat nabi yang diutus oleh Rasulullah untuk menyampaikan surat …

sifat dengki

Macam-macam Dengki dan Dampak Buruknya

Manusia merupakan makhluk yang diciptakan Allah dengan banyak keunikan dan keistimewaan. Ia berbeda dengan makhluk …