diet menurut rasulullah
diet menurut rasulullah

Pola Hidup Sehat dan Diet Menurut Rasulullah

Rasulullah bersabda: “Sesuatu yang paling aku khawatirkan terhadap umatku ada perut buncit (karena banyak makan), sering tidur, rasa malas, dan lemah keyakinannya.” (HR Darqutni).

 

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian banyak orang terlebih kaum hawa. Dengan memiliki tubuh yang ideal otomatis kesehatan akan lebih terjaga. Selain dapat menjaga kesehatan, tubuh ideal adalah salah satu kriteria untuk menunjang kepercayaan diri dalam hal penampilan.

Namun, saat ini sudah banyak jenis makanan, bukan hanya berasal dari sayur-sayuran, namun banyak juga makanan olahan yang bersumber dari sumber yang kurang sehat. Karena berbagai macam masakan banyak dikonsumsi akhirnya membuat kondisi tubuh kurang fit dan menyebabkan banyaknya masalah kesehatan yang terus muncul sampai permasalahan obesitas.

Dengan banyaknya permasalahan tersebut, banyak orang yang akhirnya melakukan olahraga dan diet makanan. Banyak upaya yang bisa dilakukan seperti gym, fitness, workout di rumah sampai ke pembatasan pola makan atau biasa di sebut dengan diet.

Namun, tak sedikit mereka malah salah menerapkan program diet yang justru malah menambah permasalahan lain bagi tubuhnya. Melakukan diet terlalu ketat malah dapat menyebabkan kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebelum melakukan diet kita wajib mempelajari apa yang dibutuhkan oleh tubuh dan apa yang dapat merusak tubuh kita.

Tahukah kalian, bahwa jauh sebelum orang masa kini menerapkan pola hidup sehat atau pola diet yang benar, ternyata dahulu Rasulullah sudah lebih dahulu menyampaikan pengetahuannya terkait kesehatan badan atau bisa dipandang sebagai pola diet yang benar.

Rasulullah pun bersabda: “Sesuatu yang paling aku khawatirkan terhadap umatku ada perut buncit (karena banyak makan), sering tidur, rasa malas, dan lemah keyakinannya.” (HR Darqutni).

Baca Juga:  Panduan Islam Mendidik Anak : Jangan Abaikan Kemauannya, Jangan Paksakan Kemampuannya

Di agama Islam, pola makan yang baik telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Pola makan yang diatur dalam Islam menyangkut bahan makanan itu sendiri, yakni bahan makanan yang akan di konsumsi harus halal dan thayyib. Selain itu, makanan yang dikonsumsi tidak boleh dari unsur makan-makanan yang diharamkan karena hal itu bertentangan dengan hukum Islam.

  1. Mengonsumsi buah dan madu

Kebaikan konsumsi madu pun dijelaskan dalam Surat an-Nahl ayat 69: “Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Rasulullah selalu rutin mengonsumsi buah dan sayur sebagai makanan sehari-harinya. Buah dan sayur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kaya akan serat, baik bagi pencernaan, serta dapat membuat tampilan kulit menjadi semakin cantik.

Madu memiliki rasa manis yang juga dapat menggantikan manisnya gula tebu yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi madu secara teratur akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Mengatur porsi

Seperti yang telah di contohkan oleh Rasulullah dengan tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan karena dapat mengganggu sistem pencernaan. Makan secara berlebihan bisa menyebabkan perut begah, mual, muntah, dan obesitas.

Agar tidak berlebihan, Rasulullah selalu berhenti makan sebelum perutnya terasa kenyang. Dengan berhenti makan sebelum merasa kenyang, Rasulullah dapat terhindar dari rasa kekenyangan berlebih hingga tubuh menjadi sulit bergerak karena perut sudah tidak ada ruang untuk udara dan air.

  1. Makan kurma sebagai camilan.

Tak hanya ketika berpuasa, Rasulullah pun mengonsumsi kurma dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dari berbagai makanan lain yang mengandung kadar gula tinggi dan pemanis buatan, kurma memiliki kandungan gula alami yang dapat lebih mudah diserap tubuh. Dengan mengonsumsi kurma akan dapat mengenyangkan perut.

  1. Makan roti gandum menjelang sore hari
Baca Juga:  Mendeteksi Puasa Agar Tidak Hanya Sekedar Mendapatkan Lapar Dan Dahaga

Saat ini banyak orang yang mengonsumsi roti gandum sebagai pengganti nasi atau roti tawar biasa. Ternyata Rasulullah pun telah mengonsumsi roti gandum dalam kesehariannya karena roti gandum memang memiliki sejumlah manfaat. Selain dianggap kaya serat ternyata roti gandum juga dapat mengenyangkan perut lebih lama, baik untuk pencernaan, dan bermanfaat bagi kesehatan tulang.

  1. Memilih menu tepat.

Rasulullah SAW selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari agar tubuhnya selalu dalam kondisi yang fit. Ada beberapa makanan yang menurut Nabi Muhammad tidak boleh digabungkan atau disajikan secara bersamaan. Pantangan-pantangan tersebut di antaranya minum susu dengan daging; makan ayam, cuka dan buah, serta makan ikan dengan telur dan daun salad.

  1. Puasa.

Diriwayatkan pada hadist Bukhari yang berbunyi, “Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu.” Selain mendapatkan pahala, berpuasa juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi orang-orang yang tengah menjalankan diet. Dengan menjalankan diet, sistem pencernaan dapat beristirahat mencerna makanan yang masuk ke dalam perut. Tubuh pun akan memproses makanan dan racun-racun dengan lebih baik, sehingga tubuh jauh akan lebih sehat dan fit.

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Pertemuan Dir Cegah BNPT dengan LPOK

Ormas Islam dan Ormas Keagamaan Dukung Pengadaan Perppu Larangan Ideologi Selain Pancasila

Jakarta – Lembaga Persahabatan ormas Islam ( LPOI) dan Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK) mendukung …

Tiga siswa terpaksa belajar di luar kelas akibat mengenakan hijab

Ogah Lepas Hijab, 2 Siswa di India Harus Belajar di Luar Kelas

Jakarta – Diskriminasi terhadap umat Muslim terus saja terjadi di India. Ketidakberpihakan pemerintah India dalam …