Kejuaraan Bola Voli Wanita antar negara negara Teluk
Kejuaraan Bola Voli Wanita antar negara negara Teluk

Hore… Arab Saudi Akhirnya Gelar Turnamen Bola Voli Wanita Pertama Kali

Riyadh – Era keterbukaan benar-benar dilakukan Kerajaan Arab Saudi. Selama ini kaum wanita dikekang dengan aturan kerajaan yang ketat, kini mereka sudah bisa melakukan aktivitas seperti kaum lelaki. Hal itu berkat era keterbukaan yang digaungkan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS).

Saat ini wanita Arab Saudi sudah boleh bepergian tanpa didampingi muhrim juga boleh memiliki SIM dan mengemudi kendaraan sendiri. Wanita juga sudah boleh menjadi polisi dan tentara, serta menjalani profesi-profesi lainnya.

Terkini, wanita Arab Saudi juga sudah boleh berolaraga bebas. Salah satunya bola voli yang dikenal sebagai olahraga seksi. Media lokal di Arab Saudi menyebut, turnamen bola voli wanita pertama Kerajaan akan segera diluncurkan. Turnamen ini disebut akan dilaksanakan pada Kamis (5/8/2021).

Sebanyak 14 tim disebut akan bermain di babak kualifikasi di Riyadh, Jeddah, dan provinsi Timur Arab Saudi. Babak ini berlangsung selama 17 hari, mulai 5 hingga 21 Agustus.

Dilansir di Al Araby via laman republika.co.id, Rabu (4/8/2021), dua tim teratas dari masing-masing wilayah akan bertanding di babak play-off bulan depan. Anggota serikat voli Arab Saudi Hanan Salih Al-Qahtani mengatakan kegiatan ini menandai awal dari fondasi yang kuat untuk olahraga. Harapannya, suatu hari akan terbentuk tim nasional wanita cabang olahraga voli.

Peluncuran turnamen itu dilakukan setelah beberapa undang-undang gender yang dinilai diskriminatif dilonggarkan, termasuk mengizinkan perempuan mengemudi. Adapun tim Judoka Tahani Al-Qahtani wanita Saudi dikalahkan oleh lawannya, Israel, pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020.

Al-Qahtani mengatakan, dia tidak tertarik menanggapi kritik tentang keputusannya menghadapi lawan Israel, menyusul seruan untuk boikot. Beberapa judoka Arab diketahui menarik diri dari pertandingan melawan lawan Israel. Hal ini dilakukan menyusul atas dukungan mereka untuk perjuangan Palestina.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Pemerintah Terus Gandeng Ormas Islam Rumuskan Visi Pembangunan Indonesia

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …