Tim sepakbola wanita Arab Saudi
Tim sepakbola wanita Arab Saudi

Hore… Liga Sepak Bola Wanita Arab Saudi Diluncurkan

Riyadh – Arab Saudi sudah benar-benar membuka diri dari dunia luar. Reformasi ala Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) telah membuang berbagai aturan syariah yang dulu cukup mengekang kaum wanita. Kini perempuan Arab Saudi sudah bebas beraktifitas di berbagai lini kehidupan yang sebelumnya hanya dibolehkan untuk kaum laki-laki.

Setelah wanita diizinkan jalan tanpa didamping laki-laki, wanita boleh menjadi tentara, dan wanita boleh berkendara sendiri dan bisa memiliki SIM, kini perempuan juga boleh melakukan aktifitas olahraga keras. Salah satunya sepak bola, dimana Arab Saudi baru saja meluncurkan Liga Sepak Bola Wanita Arab Saudi.

Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) meluncurkan Liga Sepak Bola Wanita Saudi dan akan dimulai pada 22 November mendatang dan bakal digelar dalam dua fase. Fase pertama adalah Liga Regional dengan partisipasi 16 tim.

Pertandingan akan digelar di tiga kota, yakni Riyadh, Jeddah dan Dammam. Setiap wilayah menghadirkan enam tim kecuali Dammam yang menghadirkan empat tim. Seluruh tim akan bermain sesuai sistem liga dengan dua putaran.

Tiga tim yang berada di posisi teratas di Riyadh dan Jeddah serta posisi pertama dan kedua di Dammam akan lolos untuk maju ke Kingdom Final Championship yang akan diadakan awal tahun depan di Jeddah di Stadion King Abdullah Sports City. Sistem gugur akan digunakan dalam kompetisi ini.

Presiden SAFF, Yasser Al Misehal menyatakan, ini momen penting dalam karir SAFF. Ia mencontohkan, peluncuran liga wanita resmi pertama di Kerajaan ini merupakan salah satu tujuan SAFF saat meresmikan departemen khusus sepak bola wanita.

“Hari ini kita hidup di momen ini, yang telah dicapai dengan anugerah Tuhan dan kemudian dukungan tak terbatas dari kepemimpinan kita yang bijaksana untuk semua sektor, khususnya di sektor sepak bola,” kata Al Misehal, dilansir dari Saudi Gazette via laman republika.co.id, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga:  Kemenag: Pemerintah Saudi Berlakukan Tiga Tahap Untuk Ibadah Umroh

Al Misehal menjelaskan, semua aturan dan peraturan untuk liga telah selesai. Dia menekankan keinginan federasi untuk menerapkannya karena begitu pentingnya edisi ini di jalur sepak bola wanita Saudi.

Anggota Dewan Direksi SAFF dan Direktur Departemen Sepak Bola Wanita, Lamia bin Bahian, menyampaikan terima kasih kepada kepemimpinan yang bijaksana atas dukungan dan perhatian tak terbatas yang dinikmati oleh sepak bola wanita.

“Saat yang kita jalani hari ini tidak dapat digambarkan dengan transformasi mimpi Liga Wanita Saudi menjadi kenyataan. Kami menikmati dukungan tak terbatas dari kepemimpinan bijaksana kami, dan mengingat dukungan ini, kami melanjutkan hari ini, dengan kecepatan tetap sesuai strategi ambisius di mana kita semua berbagi semangat, ambisi dan tekad untuk memajukan sepak bola wanita dan mencapainya ke level tertinggi,” jelasnya.

Bahian juga menyampaikan telah bekerja sejak hari pertama di Departemen Sepak Bola Wanita, yang dimulai di bawah pengawasan Adwaa Al-Arifi, yang melakukan upaya besar dan berpengaruh untuk menyelesaikan langkah pembentukan liga wanita pertama pada khususnya, dan mendukung sepak bola wanita.

Sebanyak 16 klub berpartisipasi dari tiga wilayah. Ke-16 klub antara lain, Al-Tahadi, Sama, Al-Himma, Al-Seham Al-Zarqa dan Al-Yamamah (Wilayah tengah), Al-Asefah, Nosour Jeddah, Ittihad Al -Quwa, Al-Kora Al-Moshtaela dan Al-Leith Al-Abyad (wilayah Barat), Shoulla Al-Sharqiah, Al-Mamlaka Al-Nisa’e, Al-Waha dan Ittihad Al-Nosour (wilayah Timur).

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

viral ustaz berdakwah sambil streaming mobile legends

Inovasi Keren, Ustaz Berdakwah Sambil Streaming Mobile Legends

Jakarta – Berdakwah atau mensyiarkan agama dan kebaikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang paling …

MBS

Diangkat Jadi Perdana Menteri, MBS Penanggung Jawab Baru 2 Masjid Suci

Riyadh –Raja Salman telah mengangkat Putra Mahkota Muhammed Bin Salman (MBS) sebagai Perdana Menteri Arab …