Wisuda Angkatan Bersenjata Wanita Arab Saudi
Wisuda Angkatan Bersenjata Wanita Arab Saudi

Pertama Kali Arab Saudi Gelar Wisuda Angkatan Bersenjata Wanita

Jakarta – Pemerintah Arab Saudi terus melakukan pembaruan dalam rangka reformasi di segala bidang dibawah kendali putra mahkota Mohammed bin Salman. Tidak hanya di sektor ekonomi dan ideologi, Arab Saudi juga melonggarkan pelaksanaan syariat Islam, dimana para wanita kini sudah boleh melakukan berbagai kegiatan.

Salah satunya menjadi tentara. Hal itu ditandai dengan digelarnya upacara wisuda untuk pertama kali Angkatan Bersenjata Wanita gelombang pertama di Pusat Pelatihan Kader Wanita Angkatan Bersenjata, Rabu (1/9/2021) lalu.

Dilansir Saudi Gazette, Minggu (5/9/2021), Kepala Staf Umum, Jenderal Fayyad Al-Ruwaili hadir dalam upacara wisuda, setelah prajurit wanita itu melakukan kursus dasar individu selama 14 minggu yang dimulai pada 30 Mei lalu.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Angkatan Bersenjata Saudi, Mayjen Adel Al-Balawi, dalam sambutannya mengatakan bahwa pusat pelatihan bertujuan untuk memberikan layanan pelatihan profesional kepada angkatan bersenjata wanita. Pelatihan itu, sangat baik untuk staf wanita Kementerian Pertahanan dan sesuai dengan program standar internasional.

” Pusat Pelatihan Kader Wanita Angkatan Bersenjata memiliki misi penting, yaitu menyediakan program pelatihan dan kurikulum yang terkemuka dan lingkungan pendidikan yang ideal sesuai dengan standar kualitas internasional yang memenuhi kebutuhan kader angkatan bersenjata wanita,” kata Al-Balawi.

“Ini bertujuan untuk mencapai kinerja yang lebih baik yang membantu mewujudkan tujuan kementerian di masa depan,” katanya.

Komandan Pusat Pelatihan Kader Wanita Angkatan Bersenjata, Sersan Kepala Suleiman Al-Maliki juga menyampaikan pidatonya. Acara wisuda juga dihadiri oleh Direktur Staf Gabungan Angkatan Bersenjata, Mayjen Hamid Al-Omari dan sejumlah perwira senior Angkatan Bersenjata lainnya.

Pada akhir upacara Kepala Staf Umum, Jenderal Al-Ruwaili mengucapkan terima kasih atas kerja luar biasa dari staf pria dan wanita dari pusat dalam menyelesaikan misi tersebut.

Baca Juga:  531 Travel Umrah Arab Saudi Siap Terima Jamaah Internasional

Seperti diketahui, Arab Saudi membuka sektor Angkatan Bersenjata untuk wanita. Arab Saudi mengizinkan wanita dan pria untuk mendaftar melalui peluncuran portal penerimaan terpadu pada bulan Februari tahun ini.

Pangkat militer dari prajurit hingga sersan tersedia untuk wanita di Angkatan Darat Arab Saudi, Pertahanan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Laut Kerajaan Saudi, Pasukan Rudal Strategis Kerajaan Saudi dan Layanan Medis Angkatan Bersenjata. Wanita Saudi yang berusia 21 dan 40 diizinkan untuk melamar posisi ini.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

pwnu dki jakarta menyalurkan keasiswa kepada santri

Peringati Hari Santri, PWNU DKI Jakarta Salurkan Beasiswa 200 Santri

JAKARTA  – Akar historis Hari Santri adalah tercetusnya Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim …

Pondok pesantren

Pesantren Berperan Besar Sebarkan Ajaran Islam ke Seantero Nusantara

Jakarta – Pesantren berperan besar dalam memperkuat pendidikan Islam dan generasi bangsa. Melalui pesantren juga, …