imam besar al azhar syekh ahmed al tayyeb  140505111539 715
imam besar al azhar syekh ahmed al tayyeb 140505111539 715

Imam Besar Al Azhar : Pembakaran Alquran Merupakan Tindakan Terorisme

KAIRO – Aksi meludahi dan membakar Al-Quran yang dilakukan oleh kelompok garis keras di Norwegia dan Swedia mendapatkan kecaman dari Grand Syeikh Al Azhar Mesir, Ahmed Tayyeb. Dilansir dari Iqna.ir dan dikutip dari laman republika pada Rabu (2/9), Syeikh Ahmad Tayyeb dalam pesan yang diunggah melalui akun facebooknya menuliskan bahwa pembakaran Al Quran merupakan tindakan terorisme. Syekh Ahmed Al Tayyeb menyebut tindakan penodaan pada Al Quran itu sebagai perbuatan rasis dan kejahatan rasial yang ditentang oleh semua peradaban manusia.

“Mereka yang melakukan kejahatan ini harus menyadari bahwa mereka menyakiti perasaan lebih dari satu miliar Muslim,” kata Syekh Ahmed Al Tayyeb.

Sementara itu Departemen Studi Islam, Pusat Islam Al Azhar Mesir meluncurkan kampanye melawan Islamofobia. Melalui media sosial Twitter dan Facebook, kampanye berjudul Islam yang Mereka Tidak Tahu itu dilakukan menyusul aksi penodaan terhadap Al Quran yang baru-baru ini terjadi di dua negara Eropa yakni Swedia dan Norwegia.

Menurut pejabat Al Azhar, Nazir Ayad mengatakan langkah kampanye melawan Islamofobia melalui media sosial itu bertujuan meluruskan pandangan atau citra yang salah tentang Islam.

“Citra yang salah seperti itu telah menyebabkan penghinaan dan penodaan terhadap kesucian Islam dan memicu raisisme dan ekstremisme,” kata Ayad

Diketahui pada Jumat pekan lalu ekstrimis sayap kanan membakar salinan Al Quran di kota Malmo Swedia. Sehari setelahnya, protes anti Islam di Oslo, Norwegia yang diadakan oleh kelompok sayap kanan Stop Islamisasi Norwegia (SION) berujung pada kerusuhan setelah seorang pengunjuk rasa merobek-robek halaman Al Quran dan meludahinya.

Insiden penodaan Al Quran di Swedia dan Norwegia itu pun memantik reaksi negara-negara Muslim yang mengutuk aksi tersebut.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Hanya Diikuti 1000 Jamaah, Ada 5 WNI Ikuti Ibadah Haji Tahun Ini

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kisah nabi adam

Begini Kisah Wafatnya Nabi Adam dan Permintaan Terakhirnya

Jakarta – Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Nabi Adam …

Paham radikalisme pernah menyaru dengan pariwisata pantai di Garut selatan Salah satunya di Desa Mekarwangi Cibalong Yuk lihat keseharian warga Cibalong Pradita Utamadetikcom

Thogutkan Pancasila, Masuk Surga Cukup Bayar Rp 25 Ribu

Garut – Penyebaran paham radikal sudah seperti virus Covid- 19, menyebar dan menyusup ke berbagai …