Ramazunike 1
Ramazunike 1

Indahnya Ramadhan dan Tradisi Baca Puisi ‘Ramazunike’ di Iran

Teheran —Bulan Ramadhan selalu menghadirkan tradisi-tradisi di berbagai negara. Salah satunya di Iran. Di Negeri 1000 Mullah, Iran. Di sini umat Islam selalu eforia menyambut Ramadhan dengan berbagai tradisi. Namun dari banyak tradisi itu, ‘Ramazunike’ adalah salah satu tradisi yang paling ditunggu masyarakat Iran.

‘Ramazunike’ yang artinya ‘Membaca Ramadhan’ merupakan budaya turun temurun yang dilakukan umat Muslim di Provinsi Sistan dan Baluchestan. Bahkan ‘Ramazunike’ sudah dilakukan Muslim Iran sejak 1400 tahun lalu atau tahun-tahun awal berkembangnya agama Islam.

Tradisi yang biasanya masih kental di daerah-daerah perdesaan ini merupakan budaya dimana sekelompok orang, terdiri dari pemuda dan beberapa tetua, berkeliling ke pintu-pintu warga desa dan membacakan puisi Islami.

Kelompok yang biasanya berkekeling desa setelah adzan magrib itu biasanya akan diberikan bahan makanan seperti kurma, biji-bijian, tepung, atau uang oleh warga yang mereka kunjungi rumahnya. Bantuan tersebut nantinya akan didistribusikan kepada yang membutuhkan.

“Ramadhan telah tiba, korbankan sapi dan anak sapi untuk itu. Tuan Rumah Ramadhan Tuhan… Ramadhan terkenal. Tuhan mencintai para tamu dan membuka pintu belas kasih dengan kedatangannya,” bunyi terjemahan dari bagian puisi lama yang dibacakan dikutip dari laman Republika.co.id, Minggu (2//5/2021).

Tradisi dimulai dari malam pertama Ramadhan dan berhenti sebelum malam ke-19, malam ketika Imam Syiah pertama, Ali bin Abi Thalib AS dibunuh dengan pedang beracun. Tradisi yang sama juga terlihat di daerah lain di Iran timur, termasuk di provinsi Khorasan Selatan. Tradisi tersebut terdaftar dalam warisan budaya negara itu pada tahun 2011.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Tolak Lepas Cadar, Peserta MTQ Sumut Pilih Mundur

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Hubungan suami istri

Heboh Anal Seks, KH Cholil Nafis: Haram Hukumnya!

Jakarta – Akhir-akhir ini heboh pemberitaan seorang wanita dan istri yang melaporkan suaminya yang juga …

umat muslim melaksanakan ibadah shalat idul fitri hijriah

Ini Alasan Aceh Disebut Serambi Makkah

JAKARTA – Orang-orang Indonesia sejak zaman Belanda telah melaksanakan ibadah haji, dahulu kala menggunakan kapal …