Rasmud Paludan
Rasmud Paludan

Indonesia Kecam Keras Pembakaran Alquran oleh Politikus Denmark di Swedia

Jakarta – Politikus sayap kanan Denmark Rasmus Paludan membakar kitab suci Alquran di Linkoping, daerah berpenduduk Muslim di Swedia. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia pun mengecam keras aksi Islamofobia tersebut.

“Indonesia mengecam aksi pembakaran kitab suci Al-Qur’an di Swedia oleh Rasmus Paludan, seorang politisi Denmark, di kota Linkoping dan Norkoping (14/4),” kata Kemlu RI melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (16/4/2022).

“Rasmus Paludan melakukan aksi penistaan kitab suci serupa pada tanggal 15 April 2022 di kota Rinkeby dan Örebro, Swedia,” imbuh Kemlu.

Kemlu mengatakan, menggunakan argumen kebebasan berekspresi untuk melecehkan agama adalah tindakan yang tak bertanggung jawab. Tindakan itu juga termasuk permuatan tak terpuji.

“Menggunakan argumentasi kebebasan berekspresi untuk melecehkan agama dan kepercayaan satu kelompok adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab dan terpuji,” sebutnya.

Kepada WNI yang ada di Swedia, Kemlu RI meminta untuk tak terpancing. Kemlu juga meminta WNI untuk menghindari perbuatan melanggar hukum di Swedia.

“KBRI Stockholm telah meminta seluruh WNI dan diaspora Indonesia di Swedia untuk tidak terpancing dan menghindari perbuatan yang berpotensi dapat melanggar hukum dan peraturan di Swedia,” tuturnya.

Dilansir dari Anadolu Angency, Sabtu (16/4/2022), pembakaran Alquran itu terjadi pada Kamis (14/4) waktu setempat. Rasmus Paludan, didampingi polisi, pergi ke ruang publik terbuka di Linkoping selatan dan meletakkan kitab suci umat Islam dan membakarnya.

Aksi pembakaran itu sempat diwarnai dengan protes. Akan tetapi, Rasmus Paludan mengabaikan protes itu. Sekitar 200 demonstran berkumpul di alun-alun untuk memprotes. Kelompok itu mendesak polisi untuk tidak membiarkan pemimpin rasis itu melakukan tindakannya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Gagal Nikah Akibat Beda Agama, UU Perkawinan Digugat, MUI: Bertentangan Dengan Konstitusi

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

raker penyelenggaraan ibadah haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas Minta Santri Semangat Menuntut Ilmu Dan Lawan Kebencian Terhadap Santri Dengan Prestasi

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada para santri untuk terus menuntut ilmu secara sungguh-sungguh, …

Sarasehan Penguatan Moderasi Beragama BNPT dan UMY

Cegah Virus Radikal Terorisme di Sekolah, BNPT Perkuat Moderasi Beragama Guru SMA/SMK se-DIY

Yogyakarta – Generasi Z dan generasi milenial antara usia 14-39 tahun menjadi generasi yang paling …