Dr Choi Yong Kil
Dr Hamid Choi Yong Kil

Ini Cerita Muslim Korsel Berjuang 7 Tahun Terjemahkan Alquran ke Bahasa Korea

Jakarta – Islam adalah agama besar yang penganutnya tersebar di berbagai penjuru dunia. Meski berpusat di Timur Tengah, Islam berhasil didakwahkan ke seluruh belahan dunia, termasuk Asia Timur, dan salah satunya Korea Selatan (Korsel).

Meski Islam termasuk agama minoritas di Korea, ada satu warga negara di sana yang tertarik mendalami ajaran kebaikan yang dimuat dalam kitab suci Alquran. Ia adalah Dr Hamid Choi Yong-Kil Hafizhahullah.

Dikutip dari Instagram @qolbu_muslim, Jumat (23/7/2021), Dr Hamid Choi Yong-Kil mengenyam pendidikan di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi. Bahkan saking uletnya, rektor Syekh Abdul Aziz bin Baz Rahimahullah sangat terkesan dan sering mengundangnya untuk bertamu ke kediamannya.

Setelah rampung dengan studinya, Dr Hamid Choi Yong-Kil pulang ke Korsel dan memutuskan menjadi dai sekaligus dosen Studi Islam dan Bahasa Arab di Universitas Mongji.

Bertahun-tahun mengajar dan menjadi ketua Federasi Muslim Korea, Dr Hamid Choi Yong-Kil pun bertekad menyebarkan agama yang dianutnya tersebut dan mempermudah akses mempelajari kebaikan Islam.

Membutuhkan waktu 7 tahun, Dr Hamid Choi Yong-Kil berhasil menyelesaikan salah satu proyek besarnya, yakni menerjemahkan kitab suci Alquran dari bahasa Arab ke bahasa Korea. Proyek ini menjadi salah satu terobosan besar dalam sejarah keagamaan dunia dan merupakan pertama kalinya Alquran diterjemahkan di Korea.

Selain menerjemahkan Alquran ke bahasa Korea, Dr Hamid Choi Yong-Kil pun sempat menerjemahkan Kitab Shahih Bukhari dan menulis berbagai karya yang membahas bidang keislaman sebanyak lebih dari 90 judul.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  COVID-19 Oh COVID-19, Tak Ada Tarawih, Tadarus, Bukber, dan SOTR di Ramadan Tahun Ini

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …