Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal

Ini Kata Menag Soal Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat Idul Adha Meski Renovasi Hampir Selesai

Jakarta – Jelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, Masjid Istiqlal terlibat sudah semakin ‘cantik’ setelah menjalani renovasi sejak awal tahun ini. Namun seperti pada Idul Fitri lalu, di momentum Idul Adha tahun ini, Masjid Istiqlal tetap belum bisa digunakan untuk menggelar Salat Idul Adha, meski secara fisik sudah siap.

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengungkapkan perkembangan pandemi Covid-19 yang masih belum terkendali yang membuat belum memungkinkan Masjid Istiqlal menggelar salat Idul Adha pada Jumat 31 Juli nanti.

“Mencermati perkembangan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya DKI Jakarta, Istiqlal tidak akan menggelar Salat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 Hijriah,” kata Menag di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Menurutnya, sebagai masjid negara, salat Idul Adha di Masjid Istiqlal selama ini diikuti puluhan ribu peserta. Hal tersebut akan menyulitkan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi. Untuk proses pengecekan suhu saja misalnya, dengan jumlah puluhan ribu jamaah, tentu membutuhkan waktu.

“Prosesnya juga tidak mudah karena akses keluar masuk juga harus dibatasi seiring penerapan protokol kesehatan sehingga potensi kerumuman sangat tinggi,” ujarnya.

Menag menambahkan, renovasi Masjid Istiqlal memang sudah hampir selesai, namun situasi pandemi belum berakhir. Menag berharap kondisi segera membaik sehingga masyarakat bisa beribadah di rumah ibadah dengan nyaman.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Aksi Intoleran dan Perilaku Ekstrem Perusak Masjid Seakan Kebal Hukum di India?

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Pengumuman Muktamar ke NU kembali digelar ke jadwal awal Desember

PPKM Level 3 Nataru Batal, Muktamar ke-34 NU Digelar Sesuai Jadwal Semula

Jakarta – Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) akhirnya akan digelar sesuai jadwal semula, 23-25 Desember …

3 1

Mualaf Koh Asen, Hidayah Hadir Melalui Buku Seputar Alam Gaib

Jakarta — Allah SWT memberikan hidayah berupa Islam kepada siapa saja yang dikehendaki, karena Allah …