masjid istiqlal renovasi
masjid istiqlal renovasi

Renovasi Belum Selesai, Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat Idul Adha 1441 Hijriah

Jakarta – Masjid Istiqlal dipastikan tidak menggelar salat Idul Adha 1441 Hijriah akibat proses renovasi masjid terbesar di Asia Tenggara itu belum selesai.

“Sudah ada diambil kesekapatan tentang penggunaan Masjid Istiqlal. Intinya tahun ini Masjid Istiqlal tidak digunakan salat Idul Adha,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy dalam rapat virtual terkait persiapan penyelenggaraan Idul Adha 1441 Hijriah, Kamis (9/7/2020).

Hal senada disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar. Menurutnya, proses renovasi Masjid Istiqlal saat ini telah mencapai 90 persen. Meski demikian, pihaknya mempertimbangkan untuk tidak menggelar salat Idul Adha karena renovasi di bagian pintu masuk belum selesai.

“Obyektifnya, kita renovasi memang hampir selesai yakni 90 persen. Ada yang belum selesai ada pintu masuknya,” tuturnya.

Selain itu, ujar Nasaruddin, pihaknya mempertimbangkan aspek keselamatan jamaah ketimbang mengejar manfaat. Sehingga pihaknya meminta agar Masjid Istiqlal disempurnakan terlebih dahulu sebelum resmi beroperasi normal.

“Kita kedepankan yang wajib baru sunah untuk kemaslahatan semuanya. Kita beri kesempatan supaya Istiqlal bisa sempurna dan tepat waktu, maka dipilih belum bisa menggelar salat Idul Adha,” jelasnya.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal juga tidak menggelar pelaksanaan salat Idul Fitri, 1 Syawal 1441 Hijriah lalu. Keputusan tersebut diambil karena angka penyebaran Covid-19 di wilayah DKI Jakarta masih tinggi.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Buka Biara Sumela, Turki Kembali Ajari Eropa Tentang Toleransi Beragama

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Pengumuman Muktamar ke NU kembali digelar ke jadwal awal Desember

PPKM Level 3 Nataru Batal, Muktamar ke-34 NU Digelar Sesuai Jadwal Semula

Jakarta – Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) akhirnya akan digelar sesuai jadwal semula, 23-25 Desember …

3 1

Mualaf Koh Asen, Hidayah Hadir Melalui Buku Seputar Alam Gaib

Jakarta — Allah SWT memberikan hidayah berupa Islam kepada siapa saja yang dikehendaki, karena Allah …