Mimbar Masjid Raya Makassar
Mimbar Masjid Raya Makassar

Ini Pesan JK Terkait Aksi Penyerangan Ulama dan Pembakaran Mimbar Masjid

Makassar – Akhir-akhir ini marak terjadi penyerangan terhadap ulama dan penceramah. Kondisi itu sangat memprihatinkan, karena aksi-aksi kriminal itu justru terjadi di tempat ibadah atau masjid. Seperti seorang ustaz diserang saat berceramah di Batam, kemudian aksi pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar, Sabtu (25/9/2021).

Kondisi itu membuat Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) prihatin. JK meminta masyarakat, khususnya warga Makassar, tidak terprovokasi oleh aksi itu.

“Saya selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia mengecam keras tindakan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar yang diperkirakan terjadi pada dini hari tadi. Dan saya berharap kepada masyarakat, terutama Umat Islam di Makassar dan daerah lainnya di Indonesia, agar tidak terprovokasi atas tindakan tersebut. Kita serahkan semuanya kepada kepolisian untuk mengungkap pelaku dan apa motif di balik tindakannya tersebut,” ujar JK dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/9/2021).

JK menyoroti sejumlah penyerangan yang ditujukan kepada ulama dan tokoh agama dalam beberapa waktu terakhir. Dia berharap warga bersama aparat kepolisian segera mengungkap kasus tersebut.

“Saya berharap kepada para pengurus masjid di Indonesia untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat hal hal yang mencurigakan. Apalagi belakangan ini kriminalisasi kepada ulama mulai marak lagi terjadi,” pesan JK.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  DMI: PPKM Darurat Bentuk Tanggung Jawab Pemerintah Terhadap Keselamatan Masyarakat

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …