ee af f ddd dfdec
ee af f ddd dfdec

Ketua PBNU Minta Polisi Usut Tuntas Motif Penyerangan Ustaz di Batam

Jakarta – Penceramah Ustadz Abu Chaniago tetiba diserang seorang yang tidak dikenal ketika sedang menyampaikan tausiahyan di Masjid Baitusyakur, Batam, Kepulauan Riau. Kontan ibu-ibu yang sedang khusu’ mendengarkan berteriak dan berhamburan menyelamatkan diri. Sedangkan ustadz Chaniago mencoba untuk menghentikan aksi pelaku dan berhasil diamankan oleh para jamaah lelaki.

Atas peristiwa tersebut, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta agar pihak Kepolisian mengusut motif dibalik penyerangan terhadap Ustadz, karena ini adalah kejadian yang kesekian dari beberapa penyerangan yang menimpa ustadz ketika berceramah.

“Prinsipnya begini adanya korban kekerasan semacam ini, baik itu dialami ustaz atau siapapun, negara kita adalah negara hukum, maka prinsip negara hukum ini yang kita ikuti, lembaga hukum seperti polisi harus bisa mengusut tuntas jangan sampai bisa menjadi berita-berita yang bisa membingungkan kepada masyarakat,” kata Ketua PBNU Marsudi Syuhud kepada wartawan, seperti dilansir dari laman detikcom. Selasa (21/9/2021).

Marsudi meminta polisi untuk tidak hanya mengusut penyerangan yang terjadi di Batam, namun diberbagai daerah. Polisi juga diminta untuk menghukum pelaku.

“Namanya kejadian pelaku kekerasan baik kriminalitas atau pelaku lainnya itu belum tentu masalahnya apa belum jelas, maka yang terpenting polisi bisa mengungkapkan semua yang terjadi. Semuanya, tidak hanya di Batam, harus diungkapkan dengan jelas motifnya agar tidak ada berita yang tidak jelas,” kata Marsudi.

“Siapa pelakunya harus diproses hukum,” sambungnya.

Diketahui, dilihat dari video yang diterima detikcom, Senin (20/9), aksi penyerangan terjadi saat ustaz yang dikenal bernama Chaniago itu mengisi ceramah di Masjid Baitusyayakur, Batu Ampar, Batam.

Pria yang terakhir diketahui adalah H tiba-tiba menyerang dari sisi kanan ustaz tersebut. Sementara dalam video lainnya, terlihat pelaku diamankan jemaah.

Baca Juga:  Sambut Tahun Baru 1 Muharram Dengan Banyak Dzikir, Doa, Munajat, dan Berpuasa

Namun pelaku terus melawan. Pelaku kemudian diserahkan ke Mapolsek Batu Ampar.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Goldenhardt mengatakan Ustaz Chaniago dipukul dengan tangan kosong. Saat itu Ustaz Chaniago sedang berceramah di acara pengajian.

“Diserang dengan tangan kosong. Aksi itu tiba-tiba. Terjadi saat Ustaz Abu Chaniago memberikan ceramah sekitar pukul 11.15 WIB,” jelasnya, Selasa (21/9/2021).

Polisi terus mendalami motif H. Polisi memastikan Ustaz Chaniago baik-baik saja.

“Pelaku masih dalam proses pemeriksaan. Kondisi Ustaz sehat, baik-baik saja. Tidak ada luka,” terang Goldenhardt.

Terkait kabar adanya gangguan kejiwaan, Golden memastikan masih menunggu hasil pemeriksaan. Sebab, pelaku sengaja datang dari rumah di Batu Ampar untuk memukul sang ustaz.

“Soal itu (gangguan jiwa) masih diperiksa. Tim masih bekerja mendalami motif dan alasan-alasannya, karena dia datang dari rumah ke masjid langsung mukul,” imbuh Golden.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

viral ustaz berdakwah sambil streaming mobile legends

Inovasi Keren, Ustaz Berdakwah Sambil Streaming Mobile Legends

Jakarta – Berdakwah atau mensyiarkan agama dan kebaikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang paling …

MBS

Diangkat Jadi Perdana Menteri, MBS Penanggung Jawab Baru 2 Masjid Suci

Riyadh –Raja Salman telah mengangkat Putra Mahkota Muhammed Bin Salman (MBS) sebagai Perdana Menteri Arab …