Amir Mohamed Abdul Rahman al Mawli
Amir Mohamed Abdul Rahman al Mawli

Inikah Pengganti Abu Bakr Al-Baghdadi Sebagai Pemimpin Tertinggi ISIS?

Jakarta – Sejak tewasnya Abu Bakr Al-Baghdadi oleh serangan pasukan koalisi tahun lalu, ISIS masih belum mempunyai pengganti sebagai pemimpin tertinggi. Namun dalam beberapa hari terakhir berhembus kabar pengganti Al-Baghdadi sudah ada.

Media Inggris, The Guardian, Senin (20/1/2020), melaporkan pemimpin baru kelompok ISIS adalah Amir Mohammed Abdul Rahman al-Mawli al-Salbi. Dia diidentifikasi sebagai pengganti Abu Bakar al-Baghdadi.

Laporan berdasarkan klaim pejabat dari dua layanan intelijen yang tidak disebutkan namanya. Laporan itu menggambarkan al-Salbi sebagai salah satu anggota pendiri kelompok teroris ISIS dan telah memimpin perbudakan terhadap minoritas Yazidi di Irak.

Menurut laporan tersebut, Al-Salbi juga mengawasi operasi di seluruh dunia. Laporan The Guardian ini menepis klaim ISIS yang menyebut Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi sebagai pemimpin baru mereka yang ditunjuk hanya beberapa hari setelah kematian al-Baghdadi pada Oktober 2019.

Beberapa analis menyatakan kelompok ISIS tidak siap dengan kematian al-Baghdadi dan identitas sebenarnya dari pemimpin barunya tetap tidak pasti.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Belajar dari Teror Christchurch, PM Selandia Baru Serukan Aksi Perangi Ekstremisme di Dunia Maya

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …