warga binaan di lapas kelas iii rangkasbitung ikuti pesantren kilat ramadan
warga binaan di lapas kelas iii rangkasbitung ikuti pesantren kilat ramadan

Intensifkan Ibadah Puasa Ramadhan 170 Napi di Lapas Rangkasbitung Ikuti Pesantren Kilat Ramadan

Lebak – Bulan Ramadhan selalu dimanfaatkan untuk meningkatkan amal ibadah, tidak terkecuali bagi masyarakat binaan yang ada dalam Lapas. Program Pesantren Kilat menjadi kegiatan warga binaan dalam mengisi bulan Ramadhan.

Sebanyak 170 warga binaan yang beragama Islam mengikuti pesantren kilat di Ponpes Al-Maghfiroh, Lapas Kelas III Rangkabitung, Lebak, Banten. Mereka harus mengikuti kegiatan ini selama bulan Ramadan 1443 Hijriah.

Kepala Lapas Kelas III Rangkasbitung Budi Ruswanto mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan bagi warga binaan. Warga binaan, nantinya akan menjalani kegiatan seperti membaca dan menulis Al-Qur’an, salat tarawih berjamaah di setiap kamar, hingga tadarus atau membaca Al-Qur’an.

“Kami membuat satu kegiatan pesantren kilat, untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada warga binaan. Selain itu, memberantas buta aksara pada huruf Al-Qur’an untuk mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan,” ucap Budi kepada awak media, seperti dikutip dari laman detik.com Selasa (5/4/2022).

Kata Budi, pesantren kilat berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga azan Magrib berkumandang. Pada waktu Zuhur, para warga binaan diperbolehkan untuk beristirahat sejenak.

“Kegiatannya dari pukul 08.00 WIB, siang hari akan istirahat dulu, kemudian di lanjutkan hingga sore (magrib). Kita juga ada kegiatan tarawih di masing-masing kamar, atau tadarus (membaca Al-Qur’an),” tuturnya.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa kegiatan pesantren kilat merupakan satu syarat bagi warga binaan jika ingin mendapat remisi. Penilaian itu dilihat dari keaktifan, semangat dan lainnya dari warga binaan di setiap kegiatan.

“Betul akan jadi penilaian, kalau aktif, semangat, itu akan kita dorong yang telah memenuhi syarat. Saat ini belum ada karena masih berjalan,” pungkasnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Isra Mi’raj Miliki Nilai Inklusif Bagi Kemanusiaan dan Semesta

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Syeikh Yusuf Al Qaradhawi

Innalillahi… Cendekiawan Islam Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Wafat

Jakarta – Dunia Islam kembali kehilangan salah satu cendekiawan terbaiknya. Cendekiawan Islam dan Presiden Pendiri …

Masjid di Nigeria diserang teroris bersenjata saat digelar Salat Jumat

Salat Jumat Diserang Teroris Bersenjata di Nigeria, 15 Jamaah Tewas

Abuja- Aksi biadab terjadi di di negara bagian Zamfara, Nigeria barat laut, Jumat (23/9/2022). Sebuah …