vaksin covid
vaksin covid

Jaga Imunitas, Ponpes Gontor Gelar Vaksinasi Covid-19

PONOROGO – Pemerintah terus melakukan vaksinasi terhadap masyarakat untuk segera mencapai immuniti herd, kesadaran melakukan vaksinasi menjadi salah kunci keberhasilan untuk mencapai target tersebut, maka pemerintah menggandeng berbagai instansi untuk terus melakukan vaksinasi.

Target pemerintah terhadap immuniti herd disambut baik oleh kalangan dunia pesantren, karena pesantren merupakan komunitas yang juga rentan terhadap keterpaparan virus Covid- 19. Beberapa pesantren bahkan menginisiasi untuk melakukan vaksinasi baik terhadap santri maupun ke masyarakat.

Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Ponorogo, Jawa Timur menjadi salah satu pesantren yang memiliki kesadaran sejak awal untuk melakukan vaksinasi, berkenaan dengan itulah ponpes Gontor menggelar vaksinasi Covid-19, Sabtu (28/8). Kegiatan ini juga dilakukan berbarengan dengan peresmian fasilitas Rumah Sakit Yasyfin yang dibangun pondok.

Pimpinan pondok, KH Akrim Mariyat menjelaskan, kegiatan vaksinasi ini merupakan kerja sama pesantren dengan Pemda Ponorogo. Vaksinasi merupakan upaya kesehatan yang sudah dikenal masyarakat sejak lama.

“Kita tidak asing dengan vaksin. Dari dulu kita mengenal vaksin cacar dan lain-lain. Hari ini ada vaksin Covid-19. Hari ini dilaksanakan di sini secara praktis dan simbolis,” kata Kiai Akrim dalam keterangan persnya yang dikutip dari laman Republika.co.id, Sabtu (28/8).

Dia juga menyebut kegiatan vaksinasi di Gontor merupakan wujud keseriusan lembaga pendidikan itu untuk memperhatikan kesehatan santri dan guru-guru. Tindakan ini juga sebagai wujud partisipasi pondok dalam membantu pemerintah menjaga kesehatan masyarakat.

“Kita juga ingin memiliki andil dalam membantu pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat,” kata Kiai Akrim.

Menurutnya, sejak awal wabah Covid-19 muncul, Gontor sangat serius menangani masalah ini demi santri-santriwati dan para guru-gurunya. Keseriusan tersebut ditunjukkan dengan didirikannya tim satgas khusus pondok yang berdiri sejak awal munculnya Covid-19. Kesuksesan satgas, kata dia, bahkan sempat diapresiasi BNPB dan menjadi percontohan bagi pesantren-pesantren lain di Indonesia.

Baca Juga:  Tokoh Agama Antusias Ikuti Vaksinasi, Minta Masyarakat Tidak Ragukan Vaksin Covid- 19

Kesiapan Gontor untuk menjamin kesehatan santri dan guru juga ditunjukkan dengan adanya RS Yasyfin yang baru saja diluncurkan. Kiai Akrim menekankan, Gontor mendirikan RS Yasyfin bukan untuk bisnis, tapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“RS Yasyfin merupakan kesederhanaan karena memenuhi kebutuhan bukan memenuhi keinginan,” ujar Kiai Akrim.

Sementara Dandim Ponorogo, Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin secara simbolis juga menyerahkan bantuan vaksin Covid-19 dari Pangdam Brawijaya. Menurutnya, untuk tahap awal vaksin yang dialokasikan di Gontor sebanyak 5.000 dosis. Jumlah tersebut adalah 50 persen dari seluruh dosis yang direncanakan.

“Seluruh pesantren di Jatim diharapkan akan mendapat vaksinasi,” kata Radhi

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

pwnu dki jakarta menyalurkan keasiswa kepada santri

Peringati Hari Santri, PWNU DKI Jakarta Salurkan Beasiswa 200 Santri

JAKARTA  – Akar historis Hari Santri adalah tercetusnya Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim …

Pondok pesantren

Pesantren Berperan Besar Sebarkan Ajaran Islam ke Seantero Nusantara

Jakarta – Pesantren berperan besar dalam memperkuat pendidikan Islam dan generasi bangsa. Melalui pesantren juga, …