cara buka puasa
berbuka puasa

Jangan Hanya Bingung Soal Menu, Perhatikan 3 Cara Buka Puasa yang Bikin Berkah

Sudah tidak tahan menahan haus dan lapar? Apalagi puasa awal-awal, rasanya bayangan minuman itu lengket sekali di ingatan dan sesekali menyeberang di depan mata. Bahkan melihat kecoa seperti melihat kurma yang berjalan. Pernahkah kalian merasakan seperti itu?

Buka puasa begitu nikmat karena kita seharian menahan makan dan minum yang pada hari biasanya kapanpun bisa dilakukan ketika haus dan lapar.  Puasa mengajarkan kesabaran, kedisiplinan, dan tentu ketakwaan untuk mematuhi seluruh perintah dan menjahui segala larangannya.

Namun, itulah indahnya menunggu buka puasa. Dalam sebuah hadist qudsi Allah berfirman: Bagi orang yang melaksanakan ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-nya (muttafaq alaihi).

Nah, agar berbuka puasa yang bernilai ibadah juga mendapatkan berkah, jangan hanya bingung berbicara apa menu buka puasa, dengan siapa nanti berbuka puasa atau di mana berbuka puasa. Dalam berbuka puasa ada nilai ibadah yang bernilai pahala.

Pertama, menyegerakan berbuka. Tidak ada manfaatnya menunda-nunda berbuka. Jika waktu berbuka sudah masuk, segeralah berbuka dan tidak melakukan aktifitas yang lain, sekalipun shalat magrib. Berbuka terlebih dahulu kemudian lakukan shalat magrib.

Dalam riwayat Muslim yang lain diceritakan bahwa Abu ‘Athiyah dan Masruq berkunjung ke rumah ‘Aisyah kemudian mengadu: Wahai ummil mu’minin! Ada dua sahabat Rasulullah, yang satu menyegerakan berbuka dan shalat, yang satunya mengakhirkan berbuka dan shalat.

‘Aisyah bertanya, siapa di antara mereka berdua yang menyegerakan berbuka dan shalat? Mereka menjawab, Ibnu Mas’ud. Lalu ‘Aisyah berkata, demikianlah yang dilakukan Rasulullah.

Kedua, berbuka kurma atau dengan yang manis.

Rasulullah selalu mengawali buka dengan kurma. Jika tidak ditemukan kurma, beliau berbuka dengan air. Rasulullah bersabda :

Baca Juga:  Menjaga Rumah dari Gangguan Setan

Artinya: “Ketika salah satu di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan kurma, sesungguhnya kurma itu berkah, namun jika tidak menjumpai kurma, maka berbukalah dengan air, sesungguhnya air itu suci lagi mensucikan”. (HR. At-Tirmidzi).

Ketika seharian orang tidak makan dan minum merasa kelelahan dan lemas karena tidak ada asupan air dan kadar gula yang masuk dalam tubuh. Dengan berbuka kurma atau air, seketika dengan cepat tubuh akan terisi kembali.

Ketiga, jangan lupa berdoa. Adapun doa berbuka puasa yang banyak salah kaprah tentang doa saat berbuka puasa yang dibaca sebelum berbuka. Sebenarnya, doa berbuka puasa dibaca ketika makanan atau minuman sudah masuk di tenggorokan saat berbuka, maka disunnahkan membaca do’a yang sudah ma’tsur yaitu:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ اْلعُرُوْقُ، وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إنْ شَاءَ اللهُ تَعاَلى.

Artinya: “Ya Allah! Hanyalah untuk-Mu aku berpuasa, dan dengan rejeki-Mu aku berbuka, dahaga telah sirna dan urat-urat telah basah dan pahala telah ditetapkan jika Allah menghendaki”.

Bagikan Artikel ini:

About Puji Rahayu Ningsih

Avatar of Puji Rahayu Ningsih

Check Also

cinta allah

Sering Gagal Cinta? Cinta kepada Allah Tidak Akan Pernah Ditolak, Ini Kuncinya!

Kita sebagai manusia dibekali Allah dengan perasaan cinta. Pada dasarnya cinta merupakan sebuah anugerah dan …

10 hari terakhir ramadhan

Anjuran dan Cara Rasulullah Menghidupkan 10 Hari Terakhir Ramadan

Ramadan kini telah memasuki fase 10 hari terakhir. Di fase ini ada waktu yang banyak …