Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf tengah Yenny Wahid kanan Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf kiri
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf tengah Yenny Wahid kanan Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf kiri

Jemput Abad Kedua, NU Siap Digdaya Menuju Kebangkitan Baru

Jakarta – Nahdlatul Ulama (NU) akan memasuki usia ke-100 tahun. Sesuai keputuasan muktamar ke 32 di Makasar, hari lahir (harlah) NU yang resmi ditetapkan berdasarkan kalender Hijriyah setiap tanggal 16 Rajab. Dengan demikian, NU akan berulang tahun ke-100 tepat pada 16 Rajab 1444 H atau awal Februari 2023 mendatang.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pun telah menyiapkan rentetan acara menjelang peringatan 100 tahun NU. Tema yang diusung pun telah disiapkan yaitu ‘Mendigdayakan NU, Menjemput Abad Kedua, Menuju Kebangkitan Baru’.

“Itu (harlah ke-100 NU) akan menjadi momentum yang kita tetap kan sebagai penanda masuknya NU ke dalam era abad kedua,” kata Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf dalam konferensi pers Kick Off Peringatan Satu Abad PBNU, di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (20/6/2022).

“PBNU bersama seluruh jajaran mempersiapkan suatu rangkaian menuju seratus tahun tersebut yang kami beri tagline “Men-digdayakan NU, Menjemput abad kedua, menuju kebangkitan baru.” Sambung Gus Yahya.

“Kenapa disebut kebangkitan baru? Karena ada hadist Muhammad SAW. Kita mengharapkan momentum 100 tahun NU akan menjadi Momentum kebangkitan baru bagi NU,” lanjutnya.

Gus Yahya menyampaikan fungsi utama dari keberadaan PBNU yaitu penyedia panduan dan bimbingan keagamaan bagi umat. Menurutnya, NU didirikan pada ulama untuk menyediakan panduan keagamaan bagi umatnya ini yang paling penting. Sebagai wujud dari tanggung jawab ulama untuk membimbing umat agar melaksanakan kehidupan beragama dengan sebaik-baiknya.

“Bahwa jamaah para Nahdliyyin dalam melaksanakan kehidupan beragama ini mengambil panduan dan referensi dan menjadikan pegangan hal-hal yang disampaikan oleh NU,” terusnya.

Ketua Panitia Peringatan harlah Satu Abad PBNU Yenny Wahid mengungkapkan, sembilan kegiatan akbar akan digelar PBNU pada harlah ke-100. Salah satu kegiatan akbar yang akan digelar PBNU salah satunya adalah adalah R20, atau Religion 20. Pada kegiatan ini, PBNU PBNU akan mengundang sejumlah pemuka agama besar dari lintas agama. Ada pun tokoh agama yang direncanakan diundang PBNU salah satunya adalah Paus Fransiskus ke-226.

Baca Juga:  Non-Muslim, Daniel Mananta Ucapkan Selamat Idul Fitri Dengan Mengutip Hadis Nabi

“R20 atau Religion of 20 ini adalah forum dialog pemimpin agama-agama sedunia dengan tujuan untuk menyatukan pandangan berkaitan dengan isu-isu strategis yang ada di dunia pada saat ini. Tokoh tokoh agama yang akan diundang untuk hadir tentunya yang akan mewakili agama-agama yang yg ada di dunia dan punya peran strategis di dunia pada saat ini,” kata Yenny Wahid.

Sembilan rumpun kegiatan jelang 100 tahun PBNU antara lain:

  1. R20 atau Religion of 20.
  2. Muktamar Internasional.
  3. Festival tradisi Islam Nusantara.
  4. Gerakan kemandirian NU.
  5. NU Technology.
  6. Pekan Olahraga NU.
  7. Anugerah tokoh.
  8. Pembentukan NU Women.
  9. Resepsi puncak harlah satu abad NU.
Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Wanita Arab Saudi dengan model rambut baru

Tak Lagi Wajib Pakai Jilbab, Wanita Arab Saudi Eforia Rambut Bondol

Riyadh – Para wanita di Arab Saudi kini tak lagi wajib memakai jilbab. Kerajaan Arab …

cc f c b bcbd

Siapa Sangka Ka’bah Pernah Ditutup, Berikut 5 Peristiwa Bersejarah yang Bikin Ka’bah Ditutup

Jakarta – Ka’bah merupakan kiblat umat muslim seluruh dunia, setiap tahunya jutaan umat muslim berdatangan …