pelajar muslimah nigeria
pelajar muslimah nigeria

Pengadilan Tertinggi Nigeria Izinkan Siswa Muslim Kenakan Jilbab

ABUJA – Jilbab bukan hanya sekedar identitas, namun bagian dari perintah agama untuk menutup aurat, dibeberapa negara Afrika yang mempunyai penduduk muslim sempat dilarang mengenakan jilbab terutama bagi anak sekolah sehingga melahirkan protes dari berbagai kalangan.

Pengadilan tertinggi Nigeria akhirnya memenangkan gugatan dan mengizinkan siswi mengenakan jilbab di sekolah-sekolah milik Pemerintah Negara Bagian Lagos.

Menolak banding oleh Pemerintah Negara Bagian Lagos, Mahkamah Agung mengeluarkan putusannya pada Kamis lalu di Abuja, seperti dilaporkan The Nigerian Guardian. Pengadilan memutuskan larangan jilbab pada 2015 melanggar hak siswa Muslim atas kebebasan berpikir, hati nurani, beragama, martabat pribadi manusia, dan kebebasan dari diskriminasi yang dijamin Konstitusi 1999.

Dilansir dari About Islam dan republika.co.id Sabtu (18/6/2022), keputusan tersebut disambut secara luas oleh mahasiswa Muslim dan Amir (Presiden) Perhimpunan Mahasiswa Muslim Nigeria, Unit Area Negara Bagian Lagos, Miftahudeen Thanni, dan anggota organisasi lainnya.

Jilbab dalam syariat Islam adalah wajib bagi wanita Muslim. Selain itu, semakin menjadi simbol penolakan umat Islam terhadap warisan kolonial Inggris dalam kehidupan publik Nigeria.

Pada 2017, seorang lulusan hukum wanita Muslim dilarang menghadiri acara ke bar di ibu kota Abuja karena mengenakan jilbab. Hal tersebut memicu kemarahan di seluruh negara Muslim Afrika Barat. Pengacara Firdaus Amasa kemudian dipanggil ke bar dengan hijabnya setelah dewan pendidikan hukum negara itu mundur.

Nigeria bukanlah negara Muslim, secara konstitusional, tetapi memiliki sebutan yang dianggap sebagai populasi Muslim terbesar di seluruh wilayah Afrika Barat. CIA Factbook memperkirakan, 50 persen dari penduduk Nigeria adalah Muslim. Sementara BBC memperkirakan penduduk Muslim di Nigeria di atas 50 persen.

 

 

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Pengadilan Tinggi Karnataka Putuskan Jilbab tak Wajib, Ulama India Ambil Sikap

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Wanita Arab Saudi dengan model rambut baru

Tak Lagi Wajib Pakai Jilbab, Wanita Arab Saudi Eforia Rambut Bondol

Riyadh – Para wanita di Arab Saudi kini tak lagi wajib memakai jilbab. Kerajaan Arab …

cc f c b bcbd

Siapa Sangka Ka’bah Pernah Ditutup, Berikut 5 Peristiwa Bersejarah yang Bikin Ka’bah Ditutup

Jakarta – Ka’bah merupakan kiblat umat muslim seluruh dunia, setiap tahunya jutaan umat muslim berdatangan …