Jakarta – Pemerintah berencana akan melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19, dengan tatanan new normal. Dengan pelonggaran itu, maka umat Islam dipastikan sudah boleh kembali beribadah di masjid-masjid, meski tetap dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Menanggapi rencana itu, Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengajak seluruh umat Islam mempersiapkan diri untuk kembali ke masjid, serta melayani umat untuk beribadah, sesuai dengan protokol kesehatan.

“Majelis Ulama Indonesia (MUI) tengah menentukan fatwa, DMI menata teknis dan sosialisasikan bagaimana pelaksanaannya,” kata Ketua Umum DMI HM Jusuf Kalla (JK) melalui siaran pers, Jumat (29/5/2020).

JK mengatakan DMI membahas kesiapan masjid di situasi new normal atau kehidupan normal yang baru, yakni untuk membuka kembali pelaksanaan ibadah salat lima waktu, salat jumat dan kegiatan ibadah lainnya, seperti pengajian dan dakwah di masjid.

Menurutnya, pembahasan ini penting dilakukan karena DMI memperjuangkan hak beribadah setiap umat Islam, sehingga harus dipastikan bagaimana rumah ibadah dapat berfungsi kembali sesuai standar protokol kesehatan dalam masa pandemic COVID-19.

“Kalau mal mau buka, stasiun, bandara dan pelabuhan buka, masjid juga harus terbuka kembali. Bahkan masjid itu lebih aman daripada mal,” ujar JK.

Lebih lanjut, DMI akan berkoordinasi dengan pemerintah, MUI dan Ormas Islam untuk memastikan masjid dan mushola agar tetap dapat menjadi “rumah Tuhan” yang melayani jamaah seperti biasanya.

Oleh karena itu, kata JK, diperlukan koordinasi yang matang antara pemerintah pusat dan daerah, Gugus Tugas Nasional sampai ke bawah, serta para Pengurus DKM / Takmir untuk mempersiapkan diri menyongsong new normal.

“Pada saatnya, DMI akan menyampaikan panduan teknis dan pelaksanaan ibadah di masjid setelah mematangkan koordinasi dengan MUI, Kemenag dan Gugus Tugas, serta berbagai pihak terkait ” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.