royal family
royal family

Keluarga Kerajaan Arab Saudi Bantah Terpapar COVID-19

Jakarta — Keluarga Kerajaan Arab Saudi membantah pemberitaan media Amerika Serikat (AS) New York Times  yang menyebutkan Raja Salman dan beberapa pangeran kerajaan, termasuk putra mahkota Mohamed bin Salman (MBS) terpapar virus Corona atau COVID-19. Dalam berita berjudul “Coronavius Invades Saudi Inner Sanctum” disebutkan 150 anggota kerajaan dinyatakan positif Corona. Alhasil, Raja Salman dan putra mahkota terpaksa diisolasi di sebuah tempat dekat kota Jeddah.

Berita itu langsung dibantah keluarga kerajaan Arab Saudi. Bantahan tersebut disampaikan setidaknya melalui akun resmi dua pangeran Arab Saudi, yaitu Pangeran Abdurrahman bin Musa’id bin Abdul Aziz dan Pangeran Fahd bin Mush’ab bin Saúd Alu Sa’ud.

Pangeran Abdurrahman bin Musa’id bin Abdul Aziz dikutip dari arabic.sputniknews.com dan arabic.rt.com via laman Republika.co.id, menulis dalam akun Twitter-nya @abdulrahman, dalam terjemah bahasa Indonesia sebagai berikut.

“Jumlah kasus terinfeksi corona di Saudi sekarang mendekati 3.000 orang. Taruhlah jika kabar ini benar, dan dari jumlah 3.000 tersebut terdapat 150 anggota keluarga Saudi maka bani Saud sebagaimana keluarga lainnya yang anggotanya bisa saja terserang sakit. Semoga Allah memberi kesembuhan bagi mereka yang terjangkiti di negara saya dan di semua tempat. Corona bisa saja mereka akan mendapat obat, sementara kebodohan dan kedengkian kalian tidak ada obatnya.”

Sementara itu, dalam akun Twitter-nya, @fmsaa1, Pangeran Fahd bin Mush’ab bin Saúd Alu Sa’ud juga membantah pemberitaan New York Times bahwa Pangeran Faishal bin Bandar bin Abdul Aziz terinfeksi corona dan dalam perawantan intensif. Pangeran Fahd memastikan bahwa Pangeran Faishal yang merupakan Gubernur Riyadh tersebut dalam kondisi baik-baik saja.

Fahd menyertakan foto Pangeran Faishal yang tengah duduk di kediamannya dengan teks dalam cuitan Twitter-nya berbunyi : “Pangeran Faishal bin Bandadr bin Abdul Aziz, Gubernur Riyadh (semoga Allah melindungi dan menjaganya) pada sore ini di kediamannya, Riyadh).” Cuitan itu diunggah pada Kamis (9/4) pukul 15.01 waktu Saudi.

Baca Juga:  Ingin Luruskan Citra yang Dirusak Media Barat, Youtuber Inggris Ini Jatuh Cinta Pada Islam

Dari penelusuran berita tersebut di sejumlah media arus utama di Timur Tengah seperti Sharq Awsat, Alarabiya, Arabnews, dan Saudigazzete belum ditemukan informasi yang menguatkan pemberitaan New York Times. Termasuk di Kantor Berita Resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency.

Sejumlah media memang memberitakannya, tetapi merujuk pada pemberitaan New York Times itu sendiri. Pemberitaan New York Times ini juga muncul di media Aljazeera yang berbasis di Qatar tanpa ada pernyataan resmi dari otoritas Arab Saudi. 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kiswah kabah

Gantikan Raja Salman, Pangeran Saudi Mohammed bin Salman Cuci Ka’bah

Jakarta – Kain Kiswah atau penutup ka’bah setiap tahunnya diganti, dalam proses pergantian kain Kiswah …

Menag Yaqut Cholil Qoumas

Wujudkan Kampus Toleran dan Harmoni, Moderasi Beragama Penting Diterapkan di Perguruan Tinggi

Jakarta – Moderasi beragama sangat penting diterapkan di perguruan tinggi agar terwujud tradisi kampus yang …