hassan al razi
hassan al razi

Kenalkan Hassan, Guru di Gaza yang Ciptakan Inovasi Robot untuk Permudah Siswa Belajar

Jakarta – Jalur Gaza, Palestina tidak selalu menghadirkan cerita duka dan kenestapaan, kejamnya pemerintah Israel terhadap rakyat palestina sudah bukan cerita baru, rakyat palestina dalam kondisi yang kurang beruntung selalu menyematkan harapan untuk kehidupan yang lebih baik bahkan kreasi untuk kemajuan dapat diciptakan meski kondisi negara dalam konflik.

Hassan Al-Razi merupakan seorang guru berusia 26 tahun yang bekerja di Gaza. Berhasil menciptakan sebuah robot yang dapat membantu siswa dalam pelajaran, inovasi yang kemudian dikenalkan dengan nama Mr Robot.

Hassan mengatakan robot tersebut dibuatnya agar para murid dapat terus berprestasi dan lebih mudah memahami pelajaran.

“Mr. Robot membantu dalam proses pendidikan dengan mengajukan pertanyaan dan memberikan jawaban, dan berinteraksi dengan siswa dalam semua aspek,” kata guru sains Palestina Hassan Al-Razi yang dilansir dari laman i24News dan detik.com Selasa (29/12).

Hassan juga menjelaskan jika robot tersebut juga membantu siswa untuk mengajarkan tentang rangkaian listrik. Selain itu juga membantu para siswa tentang rangkaian listrik dan membantu mereka menghafal pelajaran.

Hal tersebut ia lakukan agar para siswa terpacu untuk menekuni sains dan teknik.

“Tujuan utamanya untuk keluar dari metode tradisional dalam mengajar,” jelas Hassan.

“Ide memperkenalkan Mr. Robot ke dalam sistem pendidikan adalah mempromosikan prinsip inovasi dan mengikuti perkembangan di semua bidang dalam sistem pendidikan,” ujar Hassan.

Menurutnya lebih dari setengah penduduk di Gaza hidup dalam kemiskinan, sehingga belajar di bidang seperti itu dapat membuka peluang dan jalan menuju masa depan yang lebih baik.

“Jumlah informasi yang diterima dan dikirim robot itu kecil dibandingkan robot lain di dunia,” insinyur Palestina Abdulrahman Awad.

“Tetapi, dibandingkan dengan apa yang ditawarkan di Gaza secara khusus, ini adalah inovasi pertama dan menarik,” kata Awad.

Baca Juga:  Israel Ngotot Aneksasi Hebron, Masjid Ibrahimi & Makam Nabi Ibrahim Terancam Dicaplok

Hassan menjelaskan, dalam membangun robot banyak sekali tantangan. Ketika faksi militan Palestina Hamas menguasai Gaza pada 2007, Israel dan Mesir mulai membatasi pergerakan orang dan barang masuk dan keluar dari Jalur Gaza.

Akibatnya, suku cadang dan peralatan listrik menjadi langka, itulah sebabnya proyek seperti Mr. Robot menjadi sumber harapan.

Walaupun begitu, guru asal Palestine tersebut tetap percaya diri dan tidak patah semangat untuk mengembangkan teknologi agar dapat berguna bagi pendidikan di jalur Gaza.

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

undangan non muslim

Fikih Toleransi (6): Menghadiri Undangan Non Muslim

Toleransi yang sejatinya merupakan ajaran Islam mulai menipis, bahkan dianggap bukan ajaran Islam. Ini terjadi …

toleransi

Khutbah Jumat – Islam dan Toleransi

Khutbah Pertama اَلْحَمْدُ لله الَذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ وَهَدَانَا إلَى صِرَاطِ الْمُسْتَقِيْمِ صِرَاطِ الَذِيْنَ …