minuman keras
minuman keras

Khutbah Jumat – Jangan Minum Khamr (Minuman Keras), Jangan Pula Menyediakanya, Allah Tidak Suka

Khutbah I

اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وعلى اله وأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أما بعد: فيايها الإخوان، أوصيكم و نفسي بتقوى الله وطاعته لعلكم تفلحون، قال الله تعالى في القران الكريم: أعوذ بالله من الشيطان الرجيم، بسم الله الرحمان الرحيم: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

صدق الله

Sidang jumat yang dirahmati Allah 

Marilah bersama-sama kita memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat kesehatan dan marilah bersama-sama kita meningkatkan keimanan dan ketakwaan hanya kepada Allah Azza Wajalla. Sholawat serta salam semoga tetap curahkan kepada baginda nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh dengan rahmat yaitu Addinul Islam. 

Sidang jumat yang dirahmati Allah

Meminum minuman keras atau khamr merupakan suatu yang dilarang oleh agama, bukan saja yang meminum termasuk yang menyediakanya juga akan mendapatkan dosa, larangan agama untuk mengkonsumsi minuman keras karena minuman keras adalah salah satu pintu masuknya syetan untuk menggoda manusia, menjadikan manusia sebagai seorang mahluk yang nista dan tidak berharga, syetan tahu betul bahwa orang yang minum-minuman keras akan menjadi kehilangan akal dan nalar baiknya sehingga akan dapat berbuat yang tidak baik dan mudah untuk diarahkan. Demikian pula dengan aturan atau Perpres terkait minuman keras, hal ini merupakan sesuatu yang tidak baik. Syukurlah, setelah dihujani berbagai macam kritik, pemerintah melalui Presiden menarik dokumen miras dari Perpres yang telah dikeluarkan. Saudaraku sekalian, minuman keras apapun bentuknya sangatlah banyak mudharatnya (keburukan) meskipun mungkin ada manfaatnya, namun itu sangatlah sedikit, oleh karena itulah, jangan sekali-kali kita sekalian meminum apalagi sampai menjadi penyedia minuman keras, perbuatan tersebut sangat dibenci oleh Allah SWT. Terkait hal ini Allah SWT telah menjelaskan sebagaimana firman Allah dalam surah al-baqarah ayat 219 : 

۞ يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ ۖ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا ۗ وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ

Baca Juga:  Khutbah Jumat : Kewajiban Ikhtiar Untuk Keluarga

Artinya : Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir,

Dalam ayat tersebut, sangatlah jelas bahwa khamr atau miras terdapat dosa besar padanya dan seperti yang seringkali kita saksikan bahwa ketika orang telah minum khamr dan mabuk, maka hilang akar dan pikiranya sehingga dapat melakukan berbagai keburukan karena sudah tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, oleh karena itulah agama melarang minum-minuman keras, lebih jelas terkait dengan kehilanganya akal orang yang mabuk, Allah jelaskan dalam surah Annisa ayat 43 sebagai berikut : 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَقْرَبُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنتُمْ سُكَٰرَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوا۟ مَا تَقُولُونَ

Artinya : Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan,

Sidang Jumat yang dirahmati Allah

Begitu berbahanya minuman keras yang dapat menghilangkan akal dan pikiran, sehingga orang lupa dengan apa yang telah dilakukan, maka sering juga kita menyaksikan orang yang meminum miras dibarengi dengan perbuatan tercela lainya, seperti berjudi dan perbuatan lainya dan disitulah pintu syetan masuk untuk menggoda manusia, menjerumuskan manusia dalam lembah nista yang sangat hina, maka sekali-kali janganlah kemudian kita mendekati untuk meminumnya karena semua itu merupakan perbuatan syetan dan cara syetan untuk menghinakan manusia, akan hal ini Allah telah memberi peringatan dalam surah al – maidah ayat 90-91 : 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْخَمْرُ وَٱلْمَيْسِرُ وَٱلْأَنصَابُ وَٱلْأَزْلَٰمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ ٱلشَّيْطَٰنِ فَٱجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ 

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Khamr atau minuman keras, selain merupakan salah satu pintu syten untuk menghinakan manusia, khamr juga akan menjadi penghalang bagi kita untuk mendekat kepada Allah SWT, seseorang yang dalam keadaan telah minum khamr atau dalam keadaan mabuk tidak boleh melakukan sholat bahkan mendekati masjid saja tidak diperbolehkan, karena orang yang telah minum khamr seringkali kehilangan daya nalarnya secara baik, disamping itu orang yang telah minum-minuman keras tidak akan diterima amal sholatnya selama 40 hari, karena selama 40 hari tersebut kandungan minuman keras ada dalam tubuh manusia. Maka Rasulullah pun telah memperingatkan bagi orang-oarang yang suka mabuk, bahwa tidak akan diterima amal sholatnya selama 40 hari jika dalam tubuhnya terdapat minuman keras, sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah sebagai berikut : 

Baca Juga:  Khutbah Jumat : Menjadikan Ramadhan Sebagai Bulan Kepedulian Sosial di Tengah Pandemi Covid- 19

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الْخَمْرُ أُمُّ الْخَبَائِثِ فَمَنْ شَرِبَهَا لَمْ تُقْبَلْ صَلَاتُهُ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا، فَإِنْ مَاتَ وَهِيَ فِيْ بَطْنِهِ مَاتَ مَيْتَةً جَاهِلَيَّةً}.

Artinya : Nabi saw. bersabda, “Minuman keras itu induk dari hal-hal yang buruk, siapa yang meminumnya maka shalatnya tidak akan diterima selama empat puluh hari, jika ia meninggal sedangkan minuman keras berada di dalam perutnya, maka ia akan meninggal dunia dalam keadaan jahiliyyah.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ath-Thabarani dari sahabat Abdullah bin Amr bin ‘Ash r.a.

40 hari lamanya ketika seseorang meminum – minuman keras akan berada dalam masa jahiliyah, dalam keadaan jahiliyah sedangkan kita tidak pernah tahu kapan usia kita akan berakhir, kita tidak pernah tahu kapan kita akan mati, dan dsungguh akan celaka bagi orang yang mati dalam keadaan jahiliyah, naudzubillahimindzalik, semoga kita semua sekalian tidak termasuk orang-orang yang ketika mati dalam keadaan jahiliyah, semoga kita termasuk orang-orang yang diridhai Allah dan mendapatkan syafaat dari Rasulullah di hari akhir kelak.

Maka dengan demikian, saudaraku, jika siapapun yang menjadi pemimpin kelak, siapapun yang akan memerintah, kita sebagai rakyat dan sebagai muslim wajib hukumnya memberikan peringatan, wajib memberikan masukan  dan wajib memperjuangkan untuk tidak ada legalisasi minuman keras di Indonesia. Selain itu kita juga harus menjadi muslim yang sportif, untuk sukarela mengucapkan terimakasih kepada pemerintah karena masih mau mendengarkan suara rakyat yang tidak ingin adanya legalisasi minuman keras di Indonesia sehingga mencabut berkas dokumen minuman keras, semoga kejadian ini menjadi pengingat bagi kita semau bahwa untuk hal-hal yang tidak baik mari kita bergandengan tangan untuk saling mengkritik dan memberi masukan secara baik dan untuk sesuatu yang baik, demi kemaslahatan bersama, mari kita juga bergandengan tangan untuk menuju Indonesia yang Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofur.

Sidang Jum’at rahimakumullah

Semoga uraian singkat tersebut dapat menjadi pengingat kita untuk lebih berhati-hati mengambil sikap dan bagi pemerintah untuk lebih berhati-hati dalam mengambil kebijakan yang terkait dengan kemaslahatan masyarakat. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang memiliki umur yang diberkati Allah subhanu wata’la. sehingga kita dapat memanfaatkan umur kita dengan sebaik-baiknya dan dapat menjalankan tuntunan Nabi Muhammad Saw yang setiap harinya memohon ampun dan perlindungan Allah SWT.

Baca Juga:  Khutbah Jumat : Muslim Sejati Selalu Berhias Akhlak yang Mulia

جَعَلَنا اللهُ وَإيَّاكم مِنَ الفَائِزِين الآمِنِين، وَأدْخَلَنَا وإِيَّاكم فِي زُمْرَةِ عِبَادِهِ المُؤْمِنِيْنَ : أعوذ بالله من الشيطان الرجيم، بسم الله الرحمن الرحيم: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا 

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ وذِكْرِ الحَكِيْمِ. إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Bagikan Artikel
Best Automated Bot Traffic

About redaksi

Avatar