Iqra

Khutbah Jumat – Menjadikan Agama Sebagai Inspirasi

Khutbah I

اْلحَمْدُللهِاْلحَمْدُللهِالّذيهَدَانَاسُبُلَالسّلاَمِ،وَأَفْهَمَنَابِشَرِيْعَةِالنَّبِيّالكَريمِ،أَشْهَدُأَنْلَااِلَهَإِلَّااللهوَحْدَهُلاشَرِيكلَه،ذُواْلجَلالِوَالإكْرام،وَأَشْهَدُأَنّسَيِّدَنَاوَنَبِيَّنَامُحَمَّدًاعَبْدُهُوَرَسولُه،اللّهُمَّصَلِّوسَلِّمْوَبارِكْعَلَىسَيِّدِنامُحَمّدٍوَعَلَىالِهوَأصْحابِهِوَالتَّابِعينَبِإحْسانِإلَىيَوْمِالدِّين،أَمَّابَعْدُ: فَيَاأيُّهَاالإِخْوَان،أوْصُيْكُمْوَنَفْسِيْبِتَقْوَىاللهِوَطَاعَتِهِلَعَلَّكُمْتُفْلِحُوْنْ،قَالَاللهُتَعَالىَفِياْلقُرْانِاْلكَرِيمْ: أَعُوْذُبِاللهِمِنَالَّشيْطَانِالرَّجِيْم،بِسْمِاللهِالرَّحْمَانِالرَّحِيْمْ: يَاأَيُّهَاالَّذِينَآَمَنُوااتَّقُوااللهوَقُولُواقَوْلًاسَدِيدًا،يُصْلِحْلَكُمْأَعْمَالَكُمْوَيَغْفِرْلَكُمْذُنُوبَكُمْوَمَنْيُطِعِاللهوَرَسُولَهُفَقَدْفَازَفَوْزًاعَظِيمًاوقالتعالىيَااَيُّهَاالَّذِيْنَآمَنُوْااتَّقُوْااللهَnحَقَّتُقَاتِهِوَلاَتَمُوْتُنَّإِلاَّوَأَنْتُمْمُسْلِمُوْنَ.

Sidang jumat yang dirahmati Allah

Marilah bersama-sama kita memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan, nikmat kesanggupan untuk menjalankan ibadah sholat jumat meskipun masih dalam suasana pandemi Corona dan marilah bersama-sama kita terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan hanya kepada Allah Azza Wajalla semata seraya terus memohon agar pandemi Corona segera selesai. Sholawat serta salam kita curahkan kepada baginda nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita sekalian dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh dengan rahmat yaitu Addinul Islam

Sidang jumat yang dirahmati Allah

Al-Quran adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara mutawatir (bersambung) dengan perantaraan Malaikat Jibril, dan berpahala bagi siapa saja orang yang membacanya. Demikianlah makna Al-Quran sebagaimana dijelaskan oleh Subhi As-Salih dalam kitabnya Mabahits fi ‘Ulum Al-Qur’an dan Jalaluddin As-Suyuthi dalam Al-Itqan fi ‘Ulum Al-Qur’an, serta Manna’ al-Qattan dalam Mabahits fi ‘Ulum Al-Qur’an. Alquran berisi tentang berbagai hal, mulai dari masalah ibadah, amaliyah (perbuatan) manusia, hari akhir, kisah-kisah umat terdahulu, kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada rasul-rasul-Nya, sejarah, serta ilmu pengetahuan. oleh karena itulah kemudian Al-Quran menjadi kitab yang sangat lengkap sehingga menjadi petunjuk bagi keselamatan manusia dalam mengarungi kehidupan yang fana ini. Allah SWT menegaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 185 sebagai berikut : 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ

Artinya : “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)”. (QS. Al-Baqarah : 185).

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Bersikap Adil Terhadap Sesama Menuju Keberkahan Hidup

Allah SWT telah memberikan umat manusia petunjuk yang sangat jelas dalam Al-Quran agar manusia tidak tersesat dalam riuhnya kehidupan dunia yang penuh dengan godaan syetan, oleh karena itulah sebagai seorang muslim wajiblah menjadikan Al-Quran sebagai penuntun dalam segala aspek kehidupan, maka dengan demikian, marilah agama Islam kita jadikan sebagai inspirasi untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama, marilah kita menjadikan agama islam sebagai inspirasi untuk menjadi kebahagiaan bagi sesama manusia ciptaan Allah SWT.

Sidang jum’at yang dirahmati Allah

Agama Islam, telah menjadi rahmat bagi seluruh alam, sehingga keberadaanya bukan saja hanya untuk kaum muslim saja, sebagaimana firman Allah SWT sebagai berikut : 

 وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

Artinya : “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam”. (QS. Al-Anbiya : 107) 

Karena Islam telah diturunkan oleh Allah SWT untuk menjadi rahmat bagi semesta alam, maka seharusnya kita sebagai seorang muslim haruslah berlaku demikian, menjadi kebahagiaan bagi lingkungan, menjadi penyejuk bagi sesama dan menjalin ukuwah yang baik dengan siapapun tanpa membedakan agama, suku dan bahasa karena sejatinya itulah muslim yang sebenarnya dan merupakan tuntunan yang terdapat dalam Al-Quran. Maka dengan demikian, kelengkapan yang ada dalam Al-Quran sebagai petunjuk kehidupan menjadikan tidak ada keraguan sedikitpun untuk terus menjadi inspirasi dalam segala aspek kehidupan, Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 2 sebagai berikut : 

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Artinya : “Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,” (QS. Al-Baqarah : 2)

Allah SWT juga berfirman : 

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ

“Sesungguhnya agama yang benar di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)

Sidang Jumat yang dirahmati Allah 

Agama Islam telah menjadi petunjuk dalam kehidupan, agama yang sempurna dan rasulullah yang telah mengajarkan manusia untuk menjadi santun dalam segala aspek, janganlah kemudian kita cederai dengan berbagai perbuatan yang tidak baik, janganlah kita menjadi contoh yang tidak baik bagi orang lain, karena orang yang berada diluar islam tidak membaca Al-Quran namun melihat kita umat muslim sebagai contoh, jika perilaku kita baik, maka baiklah yang didapat orang, namun jika perilaku kita tidak mencerminkan seorang muslim yang baik, seorang muslim yang diajarkan oleh rasulullah Nabi Muhammad untuk lebih mengutamakan akhlaq baru ilmu maka tidak baiklah yang didapat orang lain dan kita telah melenceng dari apa yang diajarkan oleh rasululah. Kita sebagai umatnya Nabi Muhammad harus menjadi tauladan bagi sesama, karena nabi Muhammad bukan saja untuk satu golongan namun untuk seluruh alambahkan jin. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

Baca Juga:  Keutamaan Mengucapkan Salam

وَكَانَ النَّبِيُّ يُبْعَثُ إِلَى قَوْمِهِ خَاصَّةً وَبُعِثْتُإِلَى النَّاسِ كَافَّةً

Artinya : “Nabi sebelum aku diutus kepada kaumnya secara khusus, sedangkan aku diutus kepada segenap manusia.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Apa yang diungkapkan oleh Rasulullah, yang menjadi utusan bagi seluruh mahluk dan alam semesta harusnya menjadi pegangan bagi kita semua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terlebih dengan adanya kemajemukan di Indonesia, jangan sampai kemudian kita menjadi manusia atau kelompok yang selalu merasa benar sendirian, sehingga seolah-olah menjadi kepanjangan tangan Allah. Padahal seharusnya kita menjadi cahaya disekitar, menjadi pelita ditengah lingkungan dan menjadi kebahagiaan sesama saudara baik sebangsa dan setanah air tanpa harus melihat asal usul, agama dan bahasa. oleh karena itulah sekali lagi, marilah kita menjadikan agama Islam yang sangat komprehensif, agama yang telah diridai oleh Allah SWT untuk menjadi inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Saling mengasihi kemudian kita bersyukur atas anugerah kedamaian di negeri tercinta dengan tidak menyebarkan provokasi, ujaran kebencian serta melaknat pemerintah maupun saudara sebangsa maka niscaya Allah akan menambahkan nikmat bagi rakyat dan bangsa Indonesia, sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah al-baqarah ayat 7 : 

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku menambahkan nikmat kepadamu. (QS. Ibrahim : 7)

Terakhir, sebagai anak bangsa yang hidup di Indonesia, yang merasa sangat bersyukur dapat hidup di Indonesia yang damai dan tentram ingin menyampaikan pesannya Khalifah Ali bin Abi Thalib kepada wakilnya di Mesir, Gubernur Malik Al-Asytar, “Wahai Malik, sesungguhnya manusia itu ada dua tipe: Jika dia bukan saudaramu seagama, dia saudaramu dalam kemanusiaan.”  pesan tersebut, marilah kita jadikan bahan renungan dan bahan untuk muhasabah diri agar kita semakin mencintai bangsa Indonesia, mencintai sudara kita yang sebangsa agar kita semakin rukun dan guyub dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sidang jumat yang dirahmati Allah

Marilah sebagai seorang muslim yang baik, yang mencintai dan mengikuti ajaran Rasulullah SAW yang berharap Syafaatnya kelak di Yaumil Akhir mari bersama-sama kita saling mengasihi serta menyayangi dan memperbaiki akhlaq seperti yang diajarkan oleh Rasulullah, jangan sampai kita mengatakan mengikuti ajaran Rasululah tetapi jauh dari ajaran Rasulullah. Marilah kita terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT seraya terus memohon agar virus Corona segera dihilangkan sehingga kita semua dapat menjalani kehidupan seperti sediakala, tak lupa kita selalu memohonkan kesehatan bagi saudara-saudara kita yang tengah berjuang melawan sakit agar Allah angkat penyakitnya.

Baca Juga:  Populasi Muslim di Jerman Semakin Meningkat Pesat

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang diberikan  usia berkah  yang diberkati Allah subhanu wata’la. sehingga kita dapat memanfaatkan umur kita dengan sebaik-baiknya dan dapat menjalankan tuntunan Nabi Muhammad saw yang setiap harinya memohon ampun dan perlindungan Allah SWT.

جَعَلَنااللهُوَإيَّاكممِنَالفَائِزِينالآمِنِين،وَأدْخَلَنَاوإِيَّاكمفِيزُمْرَةِعِبَادِهِالمُؤْمِنِيْنَ : أعُوذُبِاللهِمِنَالشَّيْطانِالرَّجِيمْ،بِسْمِاللهِالرَّحْمانِالرَّحِيمْ: يَاأَيُّهَاالَّذِينَآمَنُوااتَّقُوااللَّهَوَقُولُواقَوْلًاسَدِيدًا 

باَرَكَاللهُلِيْوَلكمْفِيالقُرْآنِالعَظِيْمِ،وَنَفَعَنِيْوَإِيّاكُمْبِالآياتِوذِكْرِالحَكِيْمِ. إنّهُتَعاَلَىجَوّادٌكَرِيْمٌمَلِكٌبَرٌّرَؤُوْفٌرَحِيْمٌ

Khutbah II

الْحَمْدُللهِعَلىَإِحْسَانِهِوَالشُّكْرُلَهُعَلىَتَوْفِيْقِهِوَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُأَنْلاَاِلَهَإِلاَّاللهُوَاللهُوَحْدَهُلاَشَرِيْكَلَهُوَأَشْهَدُأنَّسَيِّدَنَامُحَمَّدًاعَبْدُهُوَرَسُوْلُهُالدَّاعِىإلىَرِضْوَانِهِ. اللهُمَّصَلِّعَلَىسَيِّدِنَامُحَمَّدٍوِعَلَىاَلِهِوَأَصْحَابِهِوَسَلِّمْتَسْلِيْمًاكِثيْرًا

أَمَّابَعْدُفَياَاَيُّهَاالنَّاسُاِتَّقُوااللهَفِيْمَاأَمَرَوَانْتَهُوْاعَمَّانَهَىوَاعْلَمُوْاأَنَّاللهَأَمَرَكُمْبِأَمْرٍبَدَأَفِيْهِبِنَفْسِهِوَثَـنَىبِمَلآئِكَتِهِبِقُدْسِهِوَقَالَتَعاَلَىإِنَّاللهَوَمَلآئِكَتَهُيُصَلُّوْنَعَلىَالنَّبِىيآاَيُّهَاالَّذِيْنَآمَنُوْاصَلُّوْاعَلَيْهِوَسَلِّمُوْاتَسْلِيْمًا. اللهُمَّصَلِّعَلَىسَيِّدِنَامُحَمَّدٍصَلَّىاللهُعَلَيْهِوَسَلِّمْوَعَلَىآلِسَيِّدِناَمُحَمَّدٍوَعَلَىاَنْبِيآئِكَوَرُسُلِكَوَمَلآئِكَةِاْلمُقَرَّبِيْنَوَارْضَاللّهُمَّعَنِاْلخُلَفَاءِالرَّاشِدِيْنَأَبِىبَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَانوَعَلِىوَعَنْبَقِيَّةِالصَّحَابَةِوَالتَّابِعِيْنَوَتَابِعِيالتَّابِعِيْنَلَهُمْبِاِحْسَانٍاِلَىيَوْمِالدِّيْنِوَارْضَعَنَّامَعَهُمْبِرَحْمَتِكَيَاأَرْحَمَالرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّاغْفِرْلِلْمُؤْمِنِيْنَوَاْلمُؤْمِنَاتِوَاْلمُسْلِمِيْنَوَاْلمُسْلِمَاتِاَلاَحْيآءُمِنْهُمْوَاْلاَمْوَاتِاللهُمَّأَعِزَّاْلإِسْلاَمَوَاْلمُسْلِمِيْنَوَأَذِلَّالشِّرْكَوَاْلمُشْرِكِيْنَوَانْصُرْعِبَادَكَاْلمُوَحِّدِيَّةَوَانْصُرْمَنْنَصَرَالدِّيْنَوَاخْذُلْمَنْخَذَلَاْلمُسْلِمِيْنَوَدَمِّرْأَعْدَاءَالدِّيْنِوَاعْلِكَلِمَاتِكَإِلَىيَوْمَالدِّيْنِ. اللهُمَّادْفَعْعَنَّااْلبَلاَءَوَاْلوَبَاءَوَالزَّلاَزِلَوَاْلمِحَنَوَسُوْءَاْلفِتْنَةِوَاْلمِحَنَمَاظَهَرَمِنْهَاوَمَابَطَنَعَنْبَلَدِنَااِنْدُونِيْسِيَّاخآصَّةًوَسَائِرِاْلبُلْدَانِاْلمُسْلِمِيْنَعآمَّةًيَارَبَّاْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَاآتِناَفِىالدُّنْيَاحَسَنَةًوَفِىاْلآخِرَةِحَسَنَةًوَقِنَاعَذَابَالنَّارِ. رَبَّنَاظَلَمْنَااَنْفُسَنَاوَاإنْلَمْتَغْفِرْلَنَاوَتَرْحَمْنَالَنَكُوْنَنَّمِنَاْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّاللهَيَأْمُرُنَابِاْلعَدْلِوَاْلإِحْسَانِوَإِيْتآءِذِياْلقُرْبىَوَيَنْهَىعَنِاْلفَحْشآءِوَاْلمُنْكَرِوَاْلبَغْييَعِظُكُمْلَعَلَّكُمْتَذَكَّرُوْنَوَاذْكُرُوااللهَاْلعَظِيْمَيَذْكُرْكُمْوَاشْكُرُوْهُعَلىَنِعَمِهِيَزِدْكُمْوَلَذِكْرُاللهِأَكْبَرْ

Bagikan Artikel
Best Automated Bot Traffic

About redaksi

Avatar