Ali Khamenei
Ali Khamenei

Kritik Negara-Negara Arab, Khamenei: Persatuan Islam Kunci Penyelesaian Masalah Palestina

Teheran – Sejauh ini masalah Palestina sampai saat ini masih jauh dari kata selesai. Malah, Palestina malah terus menjadi ‘pesakitan’ akibat tindakan keji dan biadab penjajah Yahudi, Israel. Ironisnya, di tengah upaya untuk membebaskan Palestina dari penjajahan Israel, banyak negara Islam di Jazirah Arab, justru melakukan normalisasi diplomatik dengan Israel.

Hal itulah yang membuat Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei jengkel. Ia pun kembali melayangkan kritik kepada negara-negara Arab yang melakukan normalisasi diplomatik dengan Israel.  Menurutnya, persatuan Islam dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah Palestina.

“Beberapa pemerintah sayangnya telah membuat kesalahan, kesalahan besar, dan telah berdosa menormalkan hubungan mereka dengan rezim Zionis yang merebut serta menindas,” kata Khamenei pada Minggu (24/10/2021).

Menurutnya, normalisasi tersebut merupakan tindakan melawan persatuan Islam. “Mereka harus kembali dari jalan tersebut dan menebus kesalahan besar ini,” ujar Khamenei.

Khamenei menekankan pentingnya persatuan Islam dalam masalah Palestina. “Jika persatuan Islam tercapai, masalah Palestina pasti akan diselesaikan dengan cara terbaik,” ucapnya.

Diketahui, pada 15 September 2020, Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA) menandatangani perjanjian normalisasi diplomatik dengan Israel. Hal itu tercapai berkat mediasi dan dukungan Amerika Serikat di bawah kepemimpinan mantan presiden Donald Trump. Kesepakatan normalisasi tersebut dikenal dengan nama Abraham Accords.

Selain UEA dan Bahrain, Amerika Serikat pun membantu Israel melakukan normalisasi diplomatik dengan Sudan serta Maroko. Palestina mengecam kesepakatan damai tersebut.

Menurut Palestina, apa yang dilakukan negara-negara Muslim terkait merupakan ‘tikaman’ bagi perjuangannya memperoleh kemerdekaan.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Di Pengadilan Internasional, Suu Kyi Bantah Myanmar Lakukan Genosida Muslim Rohingya

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

dr Fauzia Gustarina Cempaka Timur S IP M Si

Celah Intoleransi Dalam Beragama Diincar Kelompok Radikal Untuk Sebarkan Virus Radikalisme

Jakarta – Kelompok radikal selalu berupaya memanfaatkan berbagai cara untuk menyebarkan virus radikalisme. Salah satunya …

RDP Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Komisi VIII DPR RI

Dai Harus Miliki Strategi Metode Dakwah yang Menitikberatkan Wawasan Keberagamaan dan Kebangsaan

Jakarta – Sertifikasi penceramah atau dai dilakukan demi meningkatkan pemahaman moderasi beragama kepada kalangan dai …