Dukungan warga Kanada terhadap Komunitas Muslim pasca serangan Islamofobia di Ontario
Dukungan warga Kanada terhadap Komunitas Muslim pasca serangan Islamofobia di Ontario

Kutuk Keras Serangan Islamofobia di Kanada, Pemerintah Turki: Hentikan Demonisasi Terhadap Muslim

Ankara – Turki dikenal sebagai salah negara Islam yang paling vokal menyuarakan perlawanan terhadap Islamofobia di negara-negara barat. Pun menanggapi serangan Islamofobia yang menewaskan empat orang keluarga Muslim di Kanada, Turki dengan keras mengutuk serangan tersebut. Turki mendesak seluruh negara di dunia yang selama ini dikenal banyak terjadi Islamofobia untuk menghentikan demonisasi atau menjelek-jelakkan terhadap Muslim.

 “Barbarisme modern harus dihentikan. Demonisasi umat Islam harus diakhiri,” kata Juru Bicara Kepresidenan Turki Ibrahim Kalin dikutip di Daily Sabah via laman republika.co.id, Selasa (8/6/2021).

Kalin mengungkapkan, serangan yang berlandaskan kebencian, islamofobia dan rasisme, terus meningkat di negara-negara Barat, khususnya Eropa dan Amerika, merujuk pada serangan di Ontario, Kanda,yang dimotivasi oleh kebencian.

Ia menambahkan, para pejabat Turki termasuk Presiden Recep Tayyip Erdoğan, kerap mendesak para pembuat keputusan dan politisi Barat untuk mengambil sikap menentang rasisme dan jenis diskriminasi lain yang telah mengancam kehidupan jutaan orang yang tinggal di perbatasan blok tersebut.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt avuşoğlu mengatakan bahwa Turki akan menyiapkan laporan tahunan tentang serangan islamofobia dan rasisme. Menyusul penegasan Erdogan yang menyebut islamofobia sebagai instrumen politisi Barat untuk menutupi kegagalan mereka.

Serangan rasis yang menargetkan Muslim atau imigran semakin menjadi berita utama karena supremasi kulit putih menjadi lebih efisien di zaman di mana cita-cita mereka, atau setidaknya sebagian dari mereka, menjadi arus utama.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Kata UAS Penceramah Bersertifikat Tidak Urgen

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …