Duka cita seorang Muslimah terhadap serangan Islamofobia terhadap keluarga Muslim Kanada
Duka cita seorang Muslimah terhadap serangan Islamofobia terhadap keluarga Muslim Kanada

Muslim Kanada Ungkapkan Kesedihan dan Keprihatinan Terhadap Serangan Islamofobia di Ontario

Calgary – Serangan teroris yang menabrakkan mobil pikap ke keluarga Muslim yang tengah jalan-jalan pagi di kota London, Ontario, Kanada, menimbulkan kesedihan dan keprihatinan mendalam dari umat Muslim di seluruh dunia. Serangan Islamofobia dinilai sebagai tindakan teroris yang berawal dari kebencian terhadap Muslim.

Dewan Tertinggi Islam Kanada (ISCC) yang berbasis di Calgary dan Muslim Against Terrorism (MAT) merilis pernyataan bersama untuk mengutuk serangan teroris yang membuat empat dari lima keluarga Muslim tewas di kota London, Ontario. Kedua organisasi ini mengungkapkan kesedihan atas hilangnya tiga generasi dari keluarga yang menjadi sasaran kebencian.

“Ini mengejutkan dan tidak terduga karena kebencian terhadap Muslim telah meningkat, tetapi penegak hukum dan pemerintah di semua tingkatan tidak melakukan apa pun untuk menghentikannya,” kata Pendiri ISCC dan MAT Imam Syed Soharwardy.

Wali Kota Calgary Kanada Naheed Nenshi mengecam para pelaku rasialisme dan fanatisme agama usai serangan yang menargetkan sebuah keluarga Muslim di London, Ontario, Kanada.

“Seorang nenek. Seorang ibu. Seorang ayah. Remaja. Semua pergi. Seorang anak kecil terluka parah karena keyakinan mereka. Sebuah tindakan terorisme terjadi di negara kita. Tidak terpikiran dan mengejutkan. Kami semua sedih dan kami semua marah,” kata Nenshi dalam cuitannnya di Twitter, Selasa (8/6/2021).

Nenshi meminta masyarakat menjaga teman dan tetangga Muslim mereka. “Apa yang bisa saya lakukan hari ini? Lawan rasialisme dan semua kefanatikan, termasuk Islamofobia di mana pun dan kapan pun Anda melihatnya,” kata Nenshi.

Ia menambahkan kejadian ini bukan hanya tragedi bagi Muslim, tapi juga tragedi bagi Kanada.

“Serangan terhadap Muslim di Quebec, Ontario, Alberta dan provinsi lain membuktikan situasi hukum dan ketertiban di Kanada memburuk dan para penyebar kebencian telah dibebaskan. Pemerintah kita hanya menonton dan membuat janji kosong. ISCC dan MAT meminta semua Muslim Kanada untuk waspada dan berhati-hati,” kata Imam Syed Soharwardy, dilansir di Calgary Sun.

Baca Juga:  Selandia Baru Luncurkan Program Pemahaman Wanita Muslim di Sekolah

“Kami meminta pemerintah mengadili penyerang sepenuhnya sesuai hukum, termasuk mempertimbangkan tuduhan teroris,” ujar Kepada Dewan Muslim Mustafa Farooq.

Sebelumnya, Perdana Menteri Justin Trudeau mengungkapkan kengerian dan kesedihannya atas serangan kebencian yang terjadi.

“Kepada komunitas Muslim di London dan Muslim di seluruh negeri, ketahuilah bahwa kami mendukung Anda,” kata Trudeau.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Hubungan suami istri

Heboh Anal Seks, KH Cholil Nafis: Haram Hukumnya!

Jakarta – Akhir-akhir ini heboh pemberitaan seorang wanita dan istri yang melaporkan suaminya yang juga …

umat muslim melaksanakan ibadah shalat idul fitri hijriah

Ini Alasan Aceh Disebut Serambi Makkah

JAKARTA – Orang-orang Indonesia sejak zaman Belanda telah melaksanakan ibadah haji, dahulu kala menggunakan kapal …