Lagi Bom Meledak Saat Jumatan di Masjid Pakistan

0
271

Quetta – Kembali aksi biadab terorisme terjadi di Pakistan. Sebuah bom meledak di masjid kota satelit Quetta, Provinsi Balochistan, Pakistan, Jumat (10/1/2020), saat umat Muslim tengah melaksanakan salat Jumat. 13 orang tewas termasuk imam masjid dan melukai sedikitnya 20 orang lainnya.

Menteri Dalam Negeri Pakistan Balochistan Zia Langove menyebut serangan bom itu sebagai tindakan teroris, dengan beberapa laporan menyatakan bahwa wakil inspektur polisi yang berada di sana sebagai target sebenarnya dari serangan tersebut.

Insiden itu terjadi hanya beberapa hari setelah ledakan lain di Quetta yang menargetkan kendaraan Korps Perbatasan (FC), sebuah kelompok paramiliter yang bertugas menjaga perbatasan dengan Afghanistan dan Iran, serta menjaga hukum dan ketertiban di Balochistan.

Kepala polisi provinsi Balochistan, Mohsin Hassan Butt, menyampaikan seorang personel kepolisian menjadi salah satu korban tewas. Jumlah korban tewas diperkirakan bertambah karena sebagian korban terluka sangat parah.

Dokter di rumah sakit Sademan Quetta, Mohammad Waseem, mengkonfirmasi ada 10 mayat dan 16 orang terluka telah diterima di rumah sakit.

Provinsi Balochistan adalah yang terbesar dan yang termiskin di Pakistan. Lokasinya berbatasan dengan Afghanistan dan Iran. Balochistan menjadi tempat kelompok Islamis, separatis, dan pemberontak sektarian. Peristiwa penyerangan sering terjadi.