KTP WNI Ditemukan di markas ISIS Yaman
KTP WNI Ditemukan di markas ISIS Yaman

Markas ISIS Digerebek di Yaman, Ditemukan KTP WNI Asal Mojokerto dan Uang Rupiah

Jakarta – Fakta banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Foreign Terrorist Fighter (FTF) ternyata bukan isapan jempol belaka. Suriah menjadi tujuan utama WNI FTF tersebut, namun di beberapa negara semenjung Arab lainnya juga banyak WNI yang menjadi FTF.

Terbukti, sebuah KTP WNI dan uang rupiah ditemukan saat penggerebakan markas ISIS yang berbasis di Yaman. KTP itu beridentitas atas nama Syamsul Hadi Anwar, ditemukan dalam penggerebekan yang dilakukan kelompok militan Houthi di markas jaringan ISIS, di Al-Bayda, Yaman.

Video penggerebekan markas ISIS Yaman itu dibagikan melalui video amatir yang direkam oleh anggota milisi Houthi. Video tersebut mulanya diunggah oleh akun media sosial Twitter @natsecjeff, yang biasa mengunggah foto atau video terkait peristiwa konflik di kawasan Timur Tengah.

Dalam video tersebut, ditemukan kartu identitas KTP versi lama dengan nama Syamsul Hadi Anwar. Dalam kartu identitas sebagai WNI itu tertulis alamat di Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Tidak terlihat jelas data tanggal lahir pada KTP tersebut, namun kartu identitas itu sudah habis masa berlakunya sejak tahun 2013 silam.

Selain menemukan KTP, pada dompet yang diduga milik WNI tersebut juga didapatkan beberapa lembar uang pecahan Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000. Dompet berisi KTP Indonesia dan uang rupiah itu ditemukan dalam sebuah ruangan yang juga ditemukan beberapa alat elektronik seperti laptop.

Belum ada tanggapan resmi dari pemerintah Indonesia terkait viralnya video penemuan KTP WNI tersebut.

Dilansir dari Middle East Monitor, gerakan Houthi pada pertengahan Agustus ini memang mengumumkan bahwa pasukan mereka telah membunuh pemimpin ISIS di Yaman. Houthi mengklaim telah melakukan operasi penyergapan di distrik Qifah di Provinsi Al-Baydah, yang mengakibatkan kematian emir ISIS, Abu Al-Walid Al-Adani.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Berantas Kotak Amal Teroris, Polri Koordinasi Dengan Kemenag

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

akhlak rasulullah

Khutbah Jumat – Pentingnya Akhlaq Dalam Bermasyarakat

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …

Ars Vita Alamsyah

Hebat, Muslimah Indonesia Ini Menjadi Salah Satu Ilmuwan di Space-X Milik Elon Musk

Jakarta – Space-X adalah perusahaan multi raksasa milik orang terkaya di dunia, Elon Musk, yang …