KH Cholil Nafis
KH Cholil Nafis

Masalah Warisan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Ini Jawaban KH Cholil Nafis

Jakarta – Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas, beberapa waktu lalu. Kepergian mereka meninggalkan anak semata wayang, Gala Sky Ardiansyah. Sayang, kepergian Vanessa dan Bibi menimbulkan keributan, terkait hak waris mereka dan perwalian Gala, antara ayah Vanessa, Doddy Sudrajat dan ayah Bibi, Faisal

Hal inilah membuat pengacara kondang Hotman Paris Hutapea merasa perlu mendapat jawaban dari ahlinya yaitu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Cholil Nafis. Hotman bertanya dari sudut pandang ajaran agama Islam soal pembagian harta warisan Vanessa Angel dan Bibi Bibi Ardiansyah.

“Saya mau tanya Pak dari segi hukum waris Islam bagaimana menurut Islam terkait pembagian hartanya? Ada misalnya harta yang dibawa masing-masing sebelum nikah dan harta yang sudah menikah dalam keadaan hanya satu anak yaitu si Gala dan ada ortu yang ditinggal hidup?” tanya Hotman Paris, seperti dikutip dari tayangan Hotman Paris Show di iNews TV, Kamis (2/12/2021).

Kiai Cholil Nafis menjelaskan, istilah dalam Islam harta peninggalan orang meninggal yaitu tirkah. “Ya kita sebut dalam Islam itu namanya tirkah (harta peninggalan orang yang sudah meninggal dunia, red),” jawabnya.

Mendengar itu, Hotman Paris penasaran bagaimana penghitungannya untuk pembagian harta yang ditinggalkan orang meninggal tersebut. Kiai Cholil Nafis mengatakan, dikarenakan anak yang ditinggal adalah laki-laki dan kedua orangtuanya meninggal, maka pembagiannya jatuh kepada tiga orang yaitu ayah dan ibu serta anak dari pasangan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah.

“Nah karena ini meninggal sekaligus maka milik laki-laki yaitu yang dibagi waris kepada keluarga laki-laki. Sini kita sebut almarhum Bibi ya meninggal dia punya apa sebelum nikah, maka harta ini dibagi kepada anaknya si Gala dan juga diberikan kepada ibu dan bapaknya. Karena ibu bapaknya ini ada Gala, maka dapatnya seperenam (1/6). Seandainya tidak ada Gala ini dapat sepertiga (1/3),” papar Kiai Cholil Nafis.

Sehubungan dengan pembagian ini, maka adik dan kakak dari almarhum Bibi Ardiansyah tidak mendapat sepersen pun, karena jatuh haknya kepada anaknya Gala. Dalam hal ini anak laki-laki lebih dominan dalam pembagian harta.

“Gala dan kakek neneknya (Faisal dan istri, red). Iya karena pamannya bisa terhalang, karena ini hak ahli waris maka anak laki-laki itu mendominasi,” terangnya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Wapres HUT ke 45 MUI

Fatwa MUI: Terorisme Bukan Jihad, Terorisme Haram!

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menegaskan bahwa aksi terorisme bukan jihad, terorisme …

Cak Islah Bahrawi

Tolak UU Buatan Manusia, Islah Bahrawi: Teroris Hanya Mau Jalankan Hukum Syariah

Jakarta –  Kelompok teroris menganggap Undang-undang harus menggunakan hukum syariah yang dalam pemahamannya sebagai buatan …