Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

Menangani Pandemi Covid-19 Adalah Ijtihad Kebangsaan, Presiden Bersyukur Dukungan Ormas Keagamaan

Jakarta – Menangani pandemi Covid-19 yang telah berjalan lebih dari satu tahun ini adalah ijtihad kebangsaan. Pesan kebersamaan itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (11/7/2021).

“Mengatasi persoalan Covid -19 merupakan ijtihad kebangsaan kita hari ini. Karena bertujuan menyelamatkan jiwa dan kemaslahatan kita bersama,” kata Presiden Jokowi.

“Semoga Tuhan melindungi bangsa Indonesia dan menjadikan negara ini aman, maju, dan sejahtera,” tambahnya.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan usaha saja tidak cukup dalam menghadapi situasi sulit akibat pandemi ini. Dia mengajak masyarakat bersama-sama meminta pertolongan kepada Allah SWT.

“Selain ikhtiar dengan berbagai usaha lahiriah, kita juga wajib melakukan ikhtiar batiniah, memanjatkan doa, memohon pertolongan Allah SWT agar beban kita diringankan, agar rakyat, bangsa, dan negara juga dunia segera terbebas dari pandemi,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak warga mendoakan korban pandemi Corona yang berpulang. Jokowi berdoa agar para korban mendapat ampunan dari Tuhan.

“Mari kita doakan beliau-beliau dan mereka semuanya, mendapatkan ampunan dari Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dari rumah masing-masing, mari kita tundukkan kepala, mengheningkan cipta,” sambungnya.

Jokowi menyerukan kepada masyarakat untuk beraktivitas di rumah. Dia menegaskan pandemi belum berakhir.

“Dari rumah masing-masing mari kita tundukkan kepala mengheningkan cipta doa dari rumah, kita panjatkan dan berikhtiar agar ujian pandemi ini segera berakhir. Yakinlah, yakinkan keluarga dan lingkungan terdekat agar beraktivitas di rumah saja,” ujar Jokowi.

Jokowi juga bersyukur organisasi-organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan mendukung penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dengan sikap ormas-ormas keagamaan, umat bisa terjaga dari Covid -19.

“Saya sangat bersyukur pandangan ormas-ormas keagamaan senapas dengan kepentingan untuk menjaga kepatuhan umat dalam melaksanakan protokol kesehatan,” kata Jokowi,

Baca Juga:  Pandemi Covid-19, 2 Koki Amerika Siapkan Makanan Halal Untuk Dibagikan Kepada Keluarga Muslim

Jokowi menyampaikan terima kasih kepada semua kelompok masyarakat.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen bangsa yang setia membangun optimisme dan semangat kebersamaan dalam berbagai gerakan kerelawanan sosial dan ekonomi demi meringankan beban masyarakat,” kata Jokowi.

Dia menyampaikan, dunia masih terus berjuang membebaskan diri dari pandemi Covid -19. Di Indonesia, kondisinya juga demikian. Dalam perjuangan ini, pemerintah meminta kerja sama semua pihak.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendirian. Semua pihak harus berkolaborasi, bekerja sama, saling tolong-menolong untuk mengatasi ujian mahaberat ini,” kata Jokowi.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Jamaah umroh dari INdonesia

Konjen Arab Saudi Tegaskan Umroh Belum Dibuka untuk Jamaah Indonesia

Jakarta – Konsul Jenderal (Konjen) Arab Saudi Abdullah Muqed Al Mutiry menegaskan bahwa umroh belum …

penopang keunggulan al azhar mesir

Fatwa Al Azhar Izinkan Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia Dalam Kondisi Tertentu

KAIRO – Kemajuan dunia medis telah membuat sejumlah penemuan luar biasa dalam bidang pengobatan untuk …