manfaat shalat tahajud

Menghidupkan Malam Hari dengan Tahajud [2]: Tips Agar Mudah Bangun Malam

Bagi orang beriman dan memiliki kedalaman agama yang begitu kuat, malam hari menjadi malam yang indah dan syahdu. Golongan ini memilih menghidupkan malam dengan ibadah dan bermunajat kepada Allah dengan penuh keikhlasan, kekhusyukan dan ketaatan. Mereka juga sangat paham betul akan hikmah dan rahasia waktu-waktu malam hari. Tak ayal jika mereka bersedih jika tanda-tanda siang telah datang.

Dan sungguh merugi bagi mereka yang menghabiskan waktu malam dengan maksiat, senda gurau dan tidur pulas. Terkait hal ini, Salman r.a, seorang sahabat Nabi memberikan rincian tentang kelompok manusia pada malam hari. Pertama golongan orang-orang yang merasa malam itu adalah malam yang nikmat, penuh keberuntungan dan kegembiraan.

Golongan pertama itu adalah mereka yang menghidupkan malam dengan amal-amal atau ibadah kepada Allah. Pada saat orang-orang tidur nyenyak, golongan ini menyibukkan diri dengan ibadah, munajat kepada Allah SWT. Bahkan sang suri tauladan manusia, yakni Nabi Muhammad SAW, dalam sebuh riwayat disebutkan bahwa beliau dan para sahabat pada seluruh malamnya sering digunakan untuk tilawah Alquran.

Yang membuat kita hari ini malu adalah, para sahabat Nabi mampu mengkhatamkan Alquran dalam malam harinya. Diriwayatkan bahwa Utsman bin Affan kadangkala mengkatamkan seluruh Alquran hanya dalam satu rakaat shalat witir saja. Pun Abdullah bin Zubair, sering mengkhatamkan Alquran dalam satu malam.

Alih-alih mampu mengkhatamkan Alquran dalam satu malam, generasi saat ini banyak yang susah bangun malam untuk melaksanakan ibadah kepada Allah. Diantara amal shalih yang paling utama yang dilakukan pada malam hari adalah shalat Tahajjud karena dalam waktu ini terdapat mujahadah yang tinggi di sisi Allah (QS. Al-Isra’: 79). Bahkan, pada awal-awal Islam, shalat Tahajjud hukumnya wajib. Akan tetapi kemudian disunnahkan.

Baca Juga:  Adab Menuntut Ilmu Sama Pentingnya dengan Ilmu itu Sendiri

Tentu masih banyak pula orang yang mampu meraih hikmah dan pahala mengerjakan shalat malam. Bahkan orang-orang ini sudah terbiasa bangun malam sehingga jika tidak ada udzur, mereka akan dengan ringan bangun malam untuk beribadah kepada Allah. Namun, ada pula orang-orang yang sudah untuk menghidupkan malam dengan ibadah. Terkait kelompok yang sulit bangun malam, berikut ada beberapa tips agar mudah bangun malam:

Pertama, tidak banyak makan. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa orang yang banyak makan akan sulit untuk bangun, terutama ketika malam hari. Oleh karena itu, janganlah banyak makan agar bisa bangun di malam hari dengan badan yang ringan. Jika sudah mengatur pola dan kadar makan, maka sebelum tidur, hendaknya terlebih dahulu berniat untuk bangun shalat tahajjud.

Kedua, tidur siang. Layaknya sahur bagi orang puasa, tidur siang akan membantu memudahkan orang untuk bangun malam. Tidur di siang hari ini lazim disebut dengan istilah qailulah, yakni tidur sebelum zawal (matahari tergelincir ke barat). Tidur siang ini bertujuan untuk menguatkan aktivitas ibadah, terutama di malam hari (Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah, 34: 130).

Ketiga, menjauhkan hati dari perasaan iri dan dengki serta merisaukan urusan dunia. Kebanyakan orang ketika hendak tidur terbayang-bayang dengan urusan kerjaan dan keduniawian lainnya sehingga ketika malam hari ia terbangun, maka hati dan pikirannya menjadi urusan dunia semata sehingga inilah faktor yang memberatkan seseorang gagal menghidupkan malamnya dengan Tahajjud.

Keempat, mengetahui dan menyelamti keutamaan ibadah pada malam hari. Mengetahui saja tanpa menyelami, akan menjadikan seseorang tidak mempunyai daya juang untuk mengamalkan apa yang diketahuinya. Maka, dengan mengetahui dan menyelami keutamaan menghidupkan malam dengan beribadah kepada Allah, akan menjadikan seseorang itu mudah bangun malam. Bahkan orang semacam ini akan menyesal apabila malam-malam itu terlewatkan karena satu dan lain hal (Supriyanto Abdullah Hidayat, 2020: 40-45).

Baca Juga:  Nasehat Nabi Muhammad kepada Para Istri

Demikianlah tips agar mudah bangun malam untuk melaksanakan shalat Tahajjud dan lain sebagainya. Selain beberapa tips sebagaimana disebutkan di atas, ada satu tips lagi yang harus dipegang dan diraihkan oleh orang yang benar-benar hendak meraih keutamaan dan manfaat menghidupkan malam, yakni cinta kepada Allah. Dengan cara ini, maka orang akan mencapai tingkat ‘ketagihan’ untuk shalat malam. Karena baginya, waktu malam merupakan saat yang tepat untuk berinteraksi kepada Allah dengan shalat Tahajjud dan sejenisnya.

Bagikan Artikel
Best Automated Bot Traffic

About Fauziyatus Syarifah

Avatar
Mahasiswi magister program PAI UIN Walisongo Semarang