shalat taubat
shalat taubat

Istiqamah Shalat Tajahud dan Lihatlah Manfaatnya

Shalat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Shalat tahajud juga merupakan Ibadah sunnah yang di sebutkan di dalam al-Quran yang dilakukan pada waktu sepertiga malam. Al-Quran menjelaskan bahwa barang siapa yang melaksanakan sholat Tahajud maka ia akan diangkat ke tempat terpuji di mata Allah.

Waktu pelaksanaan shalat tahajud dilakukan setelah salat isya hingga sebelum salat subuh. Namun diutamakan untuk melakukannya pada waktu sepertiga malam atau tengah malam (sepertiga malam kedua, antara pukul 22.00 dan pukul 01.0.0 WIB), maupun akhir malam (sepertiga malam yang terakhir, antara pukul 01.00 dan menjelang subuh).

Makna dari Tahajud sendiri adalah terjaga atau bangun tidur. Jadi dalam menjalankan shalat sunnah yang satu ini dikerjakan pada malam hari setelah tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar. Shalat tahajud bisa dilaksanakan dua rakaat ditutup dengan witir satu rakaat. Atau bisa juga dilaksanakan sebanyak delapan rakaat dan ditutup dengan witir tiga rakaat. Bahkan apabila seorang merasa sanggup, boleh juga ia melakukan sholat tahajjud sampai duapuluh tiga rakaat.

Dalam menjalankan shalat tahajud perlu ditekankan akan konsistensi. Lebih baik melaksanakan shalat tahajud dengan rakaat yang sedikit tapi rutin tiap malam, daripada banyak rakaatnya tapi tidak rutin. Kita perlu konsisten dan memiliki komitmen yang tinggi dalam diri.

Menjalankan shalat tahajud tidak hanya bermanfaat untuk akhirat seperti diampuni dosa dalam doa yang dipanjatkan, mendapatkan pahala dari Allah, ditinggikan derajadnya, namun shalat tahajud juga memiliki manfaat yang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari di dunia.

Bagi umat yang biasa menjalankan shalat tahajud akan mampu mengontrol emosinya, karena ia memiliki ketenangan dan kedamaian dalam jiwanya. Selain itu shalat tahajud memiliki banyak manfaat di antaranya :

Baca Juga:  Memperingati Maulid Nabi di Hari dan Bulan Lain Kelahirannya

Pertama, penghapus dosa dan dikabulkannya doa.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Ibadah merupakan sarana manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah. Jika seorang manusia ingin meminta sesuatu tentunya harus mendekatkan diri kepada Allah. Dalam menjalankan shalat tahajud, manusia yang akan mampu melakukan secara istiqomah asalah orang-orang yang mempunyai niat tulus sehingga keistimewaan shalat tahajud diberikan kepada orang-orang yang mau dan mampu melakukan shalat tahajud dengan penuh niat dan keikhlasan.

Kedua, jembatan menuju surga Allah.

Rasulullah bersabda, “Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan salatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engaku akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Shalat tahajud merupakan shalat yang dilaksanakan pada waktu sepertiga malam ketika orang-orang sedang terlelap tidur. Orang yang meniatkan diri menjalankan shalat tahajud bangun kemudian mengambil air wudhu, maka sholat yang ia lakukan akan mampu memjembatani dirinya untuk masuk surge. Walau terlihat mudah namun berat untuk dilaksanakan jika ia belum terbiasa melakukannya.

Ketiga, menjaga ketampanan dan kecantikan.

Rasulullah bersabda, “orang yang melaksanakan shalat tahajud akan wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

Bagi orang yang rutin melaksanakan shalat tahajud akan berdampak pada keceriaan wajah seseorang tidak hanya secara lahir atau fisiknya, namun terpenting adalah ketampanan dan kecantikan batin atau hati seseorang. Setiap orang pasti akan mendambakan kecantikan atau ketampanan. Tahajud ini akan menjadikan terapi untuk anda menjadi tampan atau cantik secara lahir ataupun batin.

Baca Juga:  Agar Tidak Sekedar Shalat

Yang paling penting dari shalat tahajud ketika kita mampu merenungi hidup ini atau mampu melakukan instropeksi diri dengan apa yang telah kita perbuat di hari kemarin dan memohon ampunan kepada Allah seraya beristighfar dengan khusyuk. 

Bagikan Artikel ini:

About Ernawati

Avatar of Ernawati

Check Also

hidayah adalah misteri ilahi

Hidayah adalah Misteri Ilahi, Manusia Hanya Berdakwah

Hidayah merupakan pangkal dari segala kebaikan. Biasanya identik dengan dimulainya kebaikan dalam diri seseorang. Terkadang …

doa dan air mata

Doa dengan Air Mata Menembus Batas Dimensi: Yang Mustahil Menjadi Berhasil

Doa bukan sekedar permintan tetapi memberikan makna tersendiri bagi umat beragama, termasuk muslim. Doa merupakan …