khutbah jumat 1
khutbah jumat 1

Menteri Agama Tegaskan Tak Ada Rencana Atur Teks Khutbah Jumat

Jakarta – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menegaskan tidak pernah mengatur teks khutbah jumat selayaknya yang berlaku di negara-negara Arab. Menag juga menyatakan bahwa tidak berniat untuk mengikuti aturan seperti itu.

“Enggak ada. Saya cerita apa yang ada di negara-negara Arab. Tapi kita belum pernah mengadakan perubahan apapun,” ujar Fachrul di Jakarta, Rabu, (22/2020).

Menurutnya, memang pemerintah sebagai pengambil kebijakan akan lebih bagus lagi bila mempunyai banyak referensi meski belum tentu bisa diterapkan, termasuk aturan teks khutbah Jumat.

Termasuk pengalamannya selama berkunjung ke negara Arab, Fachrul sengaja membagi pengalaman itu di lingkungan kementeriannya.

Namun dia mengatakan tidak pernah memerintahkan jajarannya untuk kemudian memberlakukan aturan-aturan yang berlaku di negara Arab untuk kemudian diterapkan di tanah air, seperti aturan teks khutbah tersebut.

“Kita kan bagus, kalau kita mau melakukan sesuatu, kita melihat orang lain gimana. Oh di Saudi, begini, di Emirat Arab begini. Apakah kita akan ubah? Saya enggak pernah bilang untuk mengubah kok,” pungkas Menag.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Pemerintah Gelar Tarhib Ramadan dan Indonesia Berzikir Secara Virtual

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

Buya Syafi'i Ma'arif

Selamat Jalan Guru Bangsa, Selamat Jalan Buya Syafi’i Maarif Sang Teladan Umat

Jakarta – Buya Syafi’i Ma’arif kembali ke Haribaan Allah SWT dalam kesederhanaan, seorang guru bangsa …