Demo Palestina
Demo Palestina

Mesir Pimpin Pertemuan Liga Arab Untuk Bantu Lindungi Palestina

Kairo – Palestina masih saja menjadi bulan-bulanan konspirasi Israel dan Amerika Serikat (AS). Tidak hanya wilayah Palestina yang terus dicaplok Israel, tetapi hak-hak beragama warga Palestina pun juga banyak dibatasi oleh penjajah Yahudi.

Kondisi itu memicu negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab untuk menggelar pertemuan untuk membahas persatuan regional dan perlindungan hak-hak rakyat Palestina. Mesir terpilih untuk memimpin pertemuan darurat Liga Arab yang akan menghadirkan Menteri Luar Negeri dari negara-negara Arab.

Dilansir dari Alarabiya via laman Republika.co.id, Senin (8/2/2021), pertemuan tersebut berfokus pada menghidupkan kembali proses perdamaian Israel-Palestina. Diskusi ini juga membahas kebijakan Amerika Serikat untuk Palestina.

Pertemuan darurat itu diadakan atas permintaan Mesir dan Yordania. Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab Hossam Zaki mengatakan pertemuan itu akan menekankan pada dasar-dasar yang terkait dengan perjuangan Palestina dan persatuan negara Arab.

Para menteri luar negeri Arab juga diharapkan untuk membahas hasil positif dari KTT Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) yang diadakan di al-Ula Arab Saudi pada bulan Desember dan implikasinya terhadap proses perdamaian Timur Tengah.

Selama ini, hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Palestina tegang di bawah pemerintahan Donald Trump. Terlebih setelah Amerika menyetujui rencana Israel untuk mencaplok sebagian besar wilayah Tepi Barat yang diduduki.

Pakar PBB kemudian menyatakan bahwa langkah tersebut adalah visi “apartheid abad ke-21”.  Aneksasi tersebut juga disebut akan menjadi pelanggaran serius terhadap piagam PBB dan Konvensi Jenewa, dan hanya akan meningkatkan pelanggaran hak asasi manusia di Tepi Barat.

Israel telah menduduki Tepi Barat sejak Perang 1967. Saat ini ada sekitar 475 ribu pemukim Yahudi di Tepi Barat yang tinggal di komunitas yang dianggap ilegal menurut hukum internasional, di tengah-tengah sekitar 2,8 juta orang Palestina.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Berantas Radikalisme di Dunia Maya, Kemenag Akan Lakukan Transformasi Digital

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

KH Maman Imanulhaq1

Selewengkan Dana Umat, ACT Dinilai Zalim dan Harus Ditindak Tegas

Jakarta – Lembaga filantropis Aksi Cepat Tanggap (ACT) dinilai telah berbuat zalim terhadap dana donasi …

arsul sani

Anggota DPR Komisi III, Arsul Sani Tantang ACT Diaudit soal Dugaan Transaksi terkait Terorisme

Jakarta – Masyarakat Indonesia kembali dikejutkan dengan sebuah laporan hasil investigasi tempo yang menyebutkan dugaan …