Sejarah Puasa

Mengenal Puasa Daud : Puasa Sunnah Paling Utama, Begini Tata Caranya

Puasa Daud adalah salah satu ibadah dari sekian puasa sunnah yang disyariatkan dalam Islam. Dinamakan demikian karena puasa ini dilakukan oleh Nabi Daud dan menjadi syariat kala itu. Nabi Muhammad sangat mengapresiasi puasa ini dan memasukkannya dalam syariat beliau. Bahkan, beliau menyebut puasa Daud sebagai puasa sunnah yang paling utama.

Dari Abdullah bin Amr bin al ‘Ash, Rasulullah pernah bersabda, “Shalat yang paling disukai Allah adalah shalat Daud, dan puasa yang paling disukai Allah adalah puasa Daud. Dia (Nabi Daud) tidur seperdua malam, bangun di sepertiganya, tidur lagi di seperenamnya dan berpuasa sehari serta berbuka sehari”. (HR. Bukhari).

Hadis lain yang menyebut keutamaan puasa Daud diriwayatkan oleh Imam Nasa’i. Nabi bersabda, “Puasa yang paling utama adalah puasanya Nabi Daud, ia berpuasa sehari dan berbuka (tidak puasa) sehari”.

Dalam kitab al-Faidhu al-Qadir dijelaskan, cara mengerjakannya adalah sehari puasa dan sehari tidak puasa. Misal puasa di hari Senin maka di hari Selasa tidak puasa, lalu puasa lagi di hari Rabu, dan begitu seterusnya. puasa Daud menjadi satu-satunya puasa sunnah yang paling utama karena tingkat kesulitannya melebihi puasa sunnah yang lain.

Hal ini, menurut Abdurrauf al Munawi dalam karyanya Al Taisir bi Syarhi al Jami’ al Shaghir, karena puasa Daud memiliki tingkat kesulitan tinggi pada jiwa dan raga dengan merasakan kesenangan selama sehari dan meninggalkannya sehari.

Keterangan yang sama tentang keutamaan puasa Duad juga disebutkan dalam kitab al Minhaj al Qawim Syarhu al Muqaddimah al Khadramiyatu li al Haitami. Dijelaskan, tidak ada puasa sunnah yang lebih utama dari puasa Daud.

Dengan catatan, seperti keterangan dalam kitab Hasyiyah al Raudhah al Murbi, apabila puasa Daud tersebut tidak sampai melemahkan fisik yang berakibat ditinggalkannya kewajiban-kewajiban utama yang lebih utama dari puasa Daud. Seperti shalat wajib.

Baca Juga:  Keutamaan dan Tata Cara Puasa Sunnah Enam Hari Setelah Ramadhan

Inilah puasa Daud, puasa sunnah yang paling utama dari puasa yang lain seperti puasa Senin Kamis, puasa ‘Arafah, puasa Ayyamul Bid, dan lainnya. Bagi mereka yang kuat fisiknya dan tidak khawatir melalaikan ibadah yang wajib, tentu lebih baik melakukan puasa sunnah paling utama ini.

Bagikan Artikel
Best Automated Bot Traffic

About Khotibul Umam

Avatar
Alumni Pondok Pesantren Sidogiri