eafc20b3 df3c 40a9 86e6 d686e598ba70 169
eafc20b3 df3c 40a9 86e6 d686e598ba70 169

Muhammadiyah Setuju Pengaturan Toa Masjid, Perlu Pertimbangkan soal Privasi

Jakarta – PP Muhammadiyah merespon positif jika terdapat aturan terkait penggunaan Toa Masjid atau pengeras suara masjid, namun harus dengan kesepakatan bersama sehingga tidak menimbulkan kegaduhan.

Ketua PP Muhammadiyah memandang, bahwa seringkali pengeras suara masjid berbunyi ketika orang-orang sedang istirahat dan mungkin juga warga sekitar ada yang sedang sakit sehingga baginya selama kesepakatan bersama maka Muhamadiyah sepakat adanya aturan terkait pengeras suara masjid.

“Pokoknya saya setuju kalau ada regulasi yang disepakati bersama tentang penggunaan speaker masjid, mau azan dan iqomah saja boleh, mau ditambah dengan umpamanya ya… kesepakatan semua lah,” ujar Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad seperti dikutip dari laman detikcom, Selasa (25/5/2021).

Menurutnya regulasi sangat diperlukan karena sudah mulai banyaknya masjid yang didirikan di Tanah Air. Dampak dari belum adanya regulasi tersebut, kata Dadang, sehingga penggunaan pengeras suara masjid tidak kenal waktu.

“Aturan kadang-kadang tengah malam atau menjelang subuh ada ngaji ada suara keras dan lain sebagainya,” imbuh Dadang.

“Kalau malam itu kan perlu ada privasi, banyak orang yang punya orang-orang sakit kan perlu istirahat, ada bayi kecil yang perlu tidur banyak, itu perlu kita hargai hak-hak,” lanjutnya.

Arab Saudi Batasi Penggunaan Pengeras Suara

Kementerian Urusan Islam Arab Saudi telah memberlakukan pembatasan penggunaan pengeras suara di masjid hanya diizinkan untuk azan dan iqomah saja. Aturan tersebut tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh Abdul Latif Al Sheikh, Menteri Urusan Islam Saudi, ke semua masjid di seluruh Kerajaan Saudi.

Masjid juga diimbau untuk menurunkan volume pengeras suara ke tingkat sepertiga. Menteri Abdul Latif Al Sheikh memperingatkan bahwa sanksi akan dijatuhkan terhadap siapa pun yang melanggar surat edaran kementerian yang terbit pada hari Minggu (23/5) tersebut.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Pengurus MUI: Ucapan Youtuber Muhammad Kece Dkk Nistakan Islam

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

000101500 1632234054 830 556

Isu Perpecahan Mencuat di Tubuh Petinggi Taliban, Berikut Laporan Aljazirah

KABUL – Taliban menguasai Afganistan setelah berhasil memasuki ibu kota dan menduduki istana kepresidenan di …

Serah terima bantuan rumah dari Laznas Baitulmaal Muamalat kepada mantan pengikut aliran Hakekok Balakasuta

Laznas Baitulmaal Muamalat Serahkan Rumah Harapan Untuk Mantan Penganut Hakekok Balaksuta

Pandeglang – Masih ingat dengan penganut aliran kepercayaan Bakekok Balakasuta yang pernah menghebohkan Pandeglang dengan …