Menu restoran Babiambo
Menu restoran Babiambo

Muhammadiyah Sumbar: Restoran Padang Jual Menu Babi Lecehkan Agama dan Budaya Tradisional

Padang – Beberapa hari ini masyarakat dihebohkan dengan restoran Padang di Kelapa Gading, Babiambo yang menjual menu daging babi. Meski sudah ditutup dua bulan lalu, keberadaan restoran itu langsung memunculkan kontroversi, terutama dari tokoh asal Sumatera Barat (Sumbar).

Muhammadiyah Sumatra Barat pun ikut angkat bicara. Ketua Muhammadiyah Sumatra Barat, Shofwan Karim, mendukung pihak kepolisian memproses secara hukum kemunculan restoran Babiambo. Restoran yang menggunakan label dan bahasa Minangkabau tapi menyajikan produk tidak halal berbahan dasar babi. Ia mengatakah pemilik restoran sudah menyinggung perasaan orang Minangkabau.

“Ini sudah keterlaluan. Memakai bahasa Minang Babiambo. Menghinakan kultur Minangkabau,” kata Shohwan, Sabtu (11/6/2022).

Shofwan menilai kemunculan restoran Babiambo ini menunjukkan sosialisasi kerukunan hidup antar umat beragama itu masih sampai tataran elit. Belum sampai ke bawah.Seharusnya pihak di luar Minang dan bukan beragama Islam harus menghormati budaya Minangkabau yang mayoritas beragama Islam dan selalu mengkonsumsi dan menjual masakan halal.

“Melecehkan agama bisa dibawa ke meja hukum. Begitu juga melecehkan budaya tradisional,” ujar Shofwan.

Shofwan menyebut saat ini sedang marak-maraknya sertifikasi halal dalam berbagai sektor termasuk makanan. Sehingga akan jadi masalah besar bila citra masakan Padang yang identik dengan masakan halal justru digembosi dengan yang tidak halal.

Seperti diketahui, Restoran Babiambo yang terletak di Kelapa Gading Timur Jakarta Utara itu menyediakan beraneka menu makanan khas padang berbahan dasar babi seperti nasi babi bakar, nasi babi rendang, gulai babi, nasi ramas Babiambo dan menu-menu lainnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Ini Empat Poin Penolakan Ormas Lintas Agama Terhadap RUU HIP

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT di UIN Serang

Perguruan Tinggi Islam Berperan Penting Sebarkan Moderasi Beragama Kepada Mahasiswa

Serang – Perguruan Tinggi Islam berperan penting dalam menyebarkan moderasi beragama kepada para mahasiswa. Hal …

menko polhukam mahfud md memberikan keterangan kepada wartawan terkait

Buka Kongres IPNU dan IPPNU, Menko Mahfud MD: Minta Jaga Wasthiyah Islam

JAKARTA – Islam wasathiyah (moderat) menjadi salah satu jalan untuk menjaga kebersamaan setiap elemen bangsa, …