MUI
MUI

MUI Bahas 3 Masalah Strategis di Ijtima Ulama Bulan Depan

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MU) bakal membahas tiga masalah strategis yaitu kebangsaan, fikih kontemporer, dan peraturan perundang-undangan bakal dibahas Ijtima Ulama MUI Komisi Fatwa ke-7 tahun 2021 pada bulan Juli mendatang.

Itjima Ulama merupakan kegiatan yang menghadirkan berbagai kalangan ahli dan diadakan setiap tiga tahun sekali guna menghasilkan berbagai fatwa-fatwa terkini sesuai dengan perkembangan zaman.

“Kita diskusikan lebih lanjut mengenai tema masalah strategis kebangsaan, fikih kontemporer, dan peraturan perundang-undangan,’’ ujar Wakil Ketua Komisi Fatwa Prof Amin Suma dikutip dalam laman resmi MUI, Jumat,(4/6/2021).

Pada tema pertama akan membahas terkait masalah strategis kebangsaan seperti komunisme, panduan Pilpres dan Pilkada, dan khilafah.

Tema kedua, membahas mengenai masalah fikih kontemporer yaitu zakat perusahaan dan saham, pernikahan dan perceraian online, pinjaman online, salam dan doa lintas agama, transplantasi rahim, ucapan selamat hari raya agama lain, dan pelaksanaan fatwa tajhiz janaiz Covid-19.

Terakhir, tema ketiga mengenai peraturan perundang-undangan yang meliputi pembahasan mengenai tata kelola sertifikasi halal, Rancangan Undang-undang (RUU) larangan minuman beralkohol, RUU PIP, KUA sebagai layanan agama-agama serta RUU HMPA.

Akan hadir Ijtima Ulama Komisi Fatwa ke-7 tahun 2021, lembaga Fatwa masing-masing seperti ormas Islam, perguruan tinggi, dan pesantren di Indonesia.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Islam Indonesia Adalah Islam Yang Diterima Global

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Hubungan suami istri

Heboh Anal Seks, KH Cholil Nafis: Haram Hukumnya!

Jakarta – Akhir-akhir ini heboh pemberitaan seorang wanita dan istri yang melaporkan suaminya yang juga …

umat muslim melaksanakan ibadah shalat idul fitri hijriah

Ini Alasan Aceh Disebut Serambi Makkah

JAKARTA – Orang-orang Indonesia sejak zaman Belanda telah melaksanakan ibadah haji, dahulu kala menggunakan kapal …