Dadang Kahmad
Dadang Kahmad

Sertifikasi Wawasan Kebangsaan Penceramah, Muhammadiyah: Silakan Untuk ASN Kemenag, Tapi Untuk Ormas Tunggu Dulu

Jakarta – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas kembali mewacanakan sertifikasi wawasan kebangsaan penceramah atau dai. Wacana itu diungkapkan Menag saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR RI awal pekan ini. Sertifikasi itu dilakukan untuk dengan penguatan moderasi beragama melalui kompetensi penceramah.

Menanggapi wacana itu, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dadang Kahmad tak asal setuju. Menurut Dadang, sertifikasi tersebut wajar jika hanya dilakukan kepada para dai yang berafiliasi dengan Kementerian Agama.

“Kalau sertifikasi ini untuk penceramah yang ada di Kantor Urusan Agama (KUA) atau penyuluh resmi di bawah pemerintah, silakan sertifikasi. Itu hak pemerintah,” kata Dadang dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Rabu kemarin/.

Tetapi, jika sertifikasi dimaksudkan pada dai di luar status aparatur sipil negara (ASN), Dadang berpendapat lain.

“Tapi, kalau untuk yang lain, seperti penceramah dari ormas atau freelance, apa jangkauannya? Itu tidak ada hubungan kerja dengan Kemenag,” tukas Dadang.

Namun, jika sertifikasi ini tetap dilakukan, Dadang berpesan agar pertanyaan yang diberikan berkualitas dan tidak bermasalah seperti pertanyaan tes pegawan KPK.

“Saya mempertanyakan konsekuensinya dari sertifikasi ini. Apa yang akan terjadi jika seseorang lulus atau tidak. Akan berdampak seperti apa kepada para penceramah atau dai ini,” ujar Dadang.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Islamofobia di Negara Barat Telah Dimanifestasikan Dengan Kekerasan dan Terorisme

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …