Stadion Croke Park kembali akan menjadi tempat Salat Idul Adha
Stadion Croke Park kembali akan menjadi tempat Salat Idul Adha

Muslim Irlandia Kembali Diizinkan Gunakan Stadion Croke Park Untuk Salat dan Perayaan Idul Adha

Dublin  – Umat Muslim di ibukota Republik Irlandia, Dublin, kembali akan melaksanakan Salat Id dan rangkaian perayaan Hari Raya Idul Adha di Stadion Croke Park, Dublin. Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) dan tim di Croke Park telah mengeluarkan izin pemakaian stadion tersebut. Namun Salat Id dan perayaan Idul Adha itu tetap akan digelar dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Ketua Dewan Perdamaian dan Integrasi Muslim Irlandia (IMPIC), Sheikh Dr. Umar al-Qadri, mengungkapkan rasa syukurnya kembali diberi  kesempatan untuk berkumpul dan merayakan Idul Adha.

“Acara ini wujud dari niat baik masyarakat Irlandia yang bisa memperkuat hubungan antara IMPIC dan GAA,” kata Sheikh al-Qadri dikutip dari laman aboutislam.net, Rabu (14/7/2021).

Sebelumnya, GAA juga menginzinkan Stadion Croke Park menjadi tempat salat Idul Fitri pada Selasa 20 Juli lalu. Stadion ini adalah rumah bagi organisasi olahraga dan budaya terbesar di Irlandia.

Presiden GAA, Larry McCarthy, mengatakan markas GAA sekali lagi menyambut anggota komunitas Muslim untuk perayaan mereka. 

“Dengan Croke Park tidak dapat bermain untuk waktu yang lama tahun lalu, sungguh luar biasa bisa menjadi tuan rumah perayaan Idul Adha di stadion kami,” kata Presiden McCarthy.

“Kami semua senang permainan kami kembali dengan beberapa pendukung yang hadir dan kami juga sangat senang dapat menjadi tuan rumah perayaan Idul Fitri 2021,” tambahnya.

Idul Adha atau Hari Raya Kurban adalah salah satu dari dua perayaan Islam yang paling penting disamping Hari Raya Idul Fitri. Setelah salat Idul Adha dan rangkaian ibadah lain, umat Islam akan melakukan ritual yang mengingatkan pengorbanan besar yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Kini Berhijab, Sinead O'Connor Mengaku Pernah Jadi Kissogram Saat Remaja

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Jamaah umroh dari INdonesia

Konjen Arab Saudi Tegaskan Umroh Belum Dibuka untuk Jamaah Indonesia

Jakarta – Konsul Jenderal (Konjen) Arab Saudi Abdullah Muqed Al Mutiry menegaskan bahwa umroh belum …

penopang keunggulan al azhar mesir

Fatwa Al Azhar Izinkan Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia Dalam Kondisi Tertentu

KAIRO – Kemajuan dunia medis telah membuat sejumlah penemuan luar biasa dalam bidang pengobatan untuk …