Salat Idul Adha di Croke Stadium
Salat Idul Adha di Croke Stadium

Indahnya Umat Muslim Irlandia Salat Idul Adha di Stadion Megah Dengan Protokol Kesehatan

Dublin – Tahun ini, umat Muslim Irlandia melaksanakan salat Idul Adha 1441 Hijriah/2020 di tempat yang berbeda. Biasanya mereka menggelar salat id di lapangan biasa atau masjid, tahun ini mereka melaksanakan salat Id di stadion megah yaitu Stadion Croke Park, Dublin, Jumat (31/7/2020).

Pemilihan stadion yang sangat luas itu adalah bagian dari penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Stadion Croke Park adalah markas Gaelic Athletic Association (GAA). Salat Id itu diikuti sekitar 200 jamaah.

Pemimpin muslim Irlandia, Syaikh Umar Al-Qadri mengatakan bahwa mereka ingin menunjukkan bahwa Irlandia adalah negara yang menerima keberagaman agama di dunia.

“Kami berada di tempat bersejarah untuk memperingati hari raya Idul Adha. Terima kasih kepada manajemen Stadion Croke Park dan juga Irlandia karena hari ini doa kami mengirimkan pesan kepada seluruh dunia bahwa Irlandia memang negara yang menjunjung tinggi toleransi agama,” papar Syaikh Umar, dikutip dari laman Irish Mirror.

Irlandia merupakan salah satu negara Eropa yang ramah terhadap komunitas muslim. Masyarakat di sana tidak peduli dengan perbedaan keyakinan mereka yang dianggap sebagai hak asasi setiap manusia.

Pelaksanaan Salat Idul Adha di Stadion Croke Park tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak antar jamaah demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Stadion yang dapat menampung 82.000 orang ini identik dengan identitas dan budaya Irlandia sehingga momentum ini sangat luar biasa sekaligus langkah penting bagi muslim Irlandia.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Subhanallah, Ratu Wushu Indonesia & Peraih Emas Asian Games Jadi Mualaf

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

KH Cholil Nafis

Masalah Warisan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Ini Jawaban KH Cholil Nafis

Jakarta – Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas, beberapa …

Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar

Ajakan Tak Digubris Ketua Umum, Rais Aam PBNU Putuskan Gelar Konbes Jelang Muktamar 7 Desember

Jakarta – Suasana jelang pelaksanaan Muktamar ke-34 Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) semakin panas. Hal …