tukang cukur profesional dari salon bintang lima ditugaskan mencukur 200803071027 145
tukang cukur profesional dari salon bintang lima ditugaskan mencukur 200803071027 145

Pastikan Protokol Kesehatan, Jamaah Haji Dapatkan Tukang cukur Profesional Selama di Makah

MINA – Pengalaman yang sangat berkesan dirasakan seluruh jamaah haji tahun ini, meskipun masih dalam bayang-bayang pandemi Covid- 19 namun tidak mengurangi kekhusuan para jamaah dalam melaksanakan seluruh proses ritual ibadah. Selain itu, pasilitas yang disediakan oleh pemerintah Saudi Arabia benar-benar membuat nyaman jamaah haji.

Para jamaah haji setelah melaksanakan ritual ibadah dan diakhiri dengan mencukur rambut, biasanya mencukur rambut dilaksanakan secara berjamaah, tetapi tahun ini pemerintah menyiapkan tukang cukur dari salon bintang lima untuk melayani jamaah. Tukang cukur diambil dari salon bintang lima yang berada disekitar area Masjidil Haram.

“Kami dipilih untuk bekerja di situs suci Mina setelah menjalani pemeriksaan yang diperlukan, termasuk tes swab dan memperoleh sertifikat kesehatan,” ujar salah satu tukang cukur, Muhammad Othman, dilansir di Saudi Gazette dan dikutip dari laman ihram.co.id, Senin (3/8).

Di luar itu, para tukang cukur diminta membuktikan keterampilannya dalam hal kesempurnaan dan kecepatan melakukan pekerjaan mereka. Ada lima salon di Mina, empat di antaranya bekerja sepanjang waktu dan yang kelima disiagakan.

Pada pandangan pertama, Muhammad tampak seperti staf Departemen Kesehatan. Ini karena penampilan umum dan kostum yang ia kenakan merupakan bagian dari tindakan pencegahan Covid-19.

Tetapi, identitas profesinya sebagai tukang cukur menjadi jelas ketika ia memasuki salon setelah seorang jamaah meminta dicukur rambutnya. Salon ini disebut “Salaam” yang berarti kedamaian, karena mewakili suasana tenang di sana.

Di dalam salon, baik Muhammad dan peziarah terlihat mengenakan masker dan sarung tangan. Jarak antara dua kursi di salon benar-benar sejalan dengan protokol yang disetujui oleh Departemen Kesehatan.

Tindakan pencegahan yang dilakukan oleh kedua penata rambut di salon ini menunjukkan seolah-olah mereka berada di ruang operasi. Mereka membersihkan seluruh ruangan setelah menyelesaikan cukur atau memotong rambut setiap peziarah.

Baca Juga:  Langgar Lockdown, 216 WNI Jamaah Tabligh di India Terancam Hukuman

Jamaah haji telah menyelesaikan ibadahnya dengan cara yang aman setelah keluar dari solon ini. Muhammad juga memiliki kesempatan bekerja di Mina selama musim haji.

Muhammad menyebut tahun ini membawa pengalaman yang luar biasa. “Kehadiran pejabat yang luar biasa dari Kementerian Kesehatan adalah fitur lain dari haji tahun ini. Pejabat yang berbeda sering mengunjungi salon dan menindaklanjutinya sepanjang hari,” kata dia.

Dari jam delapan pagi sampai lima sore, ia telah menerima tujuh pejabat. Mereka sangat fokus pada keselamatan jamaah dan memastikan petugas salon sepenuhnya mematuhi tindakan pencegahan kesehatan.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

akhlak rasulullah

Khutbah Jumat – Pentingnya Akhlaq Dalam Bermasyarakat

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …

Ars Vita Alamsyah

Hebat, Muslimah Indonesia Ini Menjadi Salah Satu Ilmuwan di Space-X Milik Elon Musk

Jakarta – Space-X adalah perusahaan multi raksasa milik orang terkaya di dunia, Elon Musk, yang …